Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Musim Hujan, Ingat Pentingnya Fungsi Talang Air di Mobil

Kompas.com - 01/11/2022, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Door visor atau biasa dikenal dengan talang air merupakan salah satu bagian pada mobil yang memiliki fungsi penting, terkhusus saat musim hujan. Tetapi, tidak semua pemilik memahaminya sehingga cenderung diabaikan.

Kebanyakan, pemilik menganggap sektor tersebut sebagai aksesori agar buat mobil lebih menarik. Padahal ketika hujan, talang air bisa mencegah masukny air ke dalam kabin.

Sehingga, sebagaimana dikatakan Dealer Technical Support Dept PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi, berbagai tombol elektrik yang menempel di door trim ataupun stir kemudi, tidak mengalami korsleting.

Baca juga: Ini Bagian-bagian yang Diperbaiki Ketika Lower Arm Mobil Rusak

Ilustrasi talang air kaca mobilDicky Aditya Wijaya Ilustrasi talang air kaca mobil

Talang air juga memiliki fungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari guyuran air saat hujan saat membuka jendela mobil," katanya saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

"Jadi, air dari atap dibuang ke depan dan ke belakang supaya tidak menguyur kaca bagian samping,” lanjut Didi.

Untuk menambah kenyamanan dalam berkendara, talang air juga memiliki fungsi meredam suara dari bising jalanan. Sebab, aksesori ini bisa mengarahkan aliran udara pada mesin ketika bergerak.

Baca juga: Segini Biaya Bikin SIM BI dan BII per November 2022

Talang air untuk Honda HR-V Aditya Maulana, Otomania Talang air untuk Honda HR-V

“Walau terkesan sederhana, jika salah akan merusak fungsi dan lain-lainnya. Apalagi di bagian luar yang terkena suhu panas maupun dingin secara langsung,” katanya.

Untuk kisaran harga talang air mobil sendiri cukup bervariasi tergantung model dan kualitasnya. Rata-rata, dibanderol mulai Rp 250.000 sampai jutaan rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com