Kompas.com - 01/11/2022, 11:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Rest area menjadi salah satu sarana yang bisa digunakan bagi setiap pengendara saat melintasi jalan tol.

Rest area di jalan tol Indonesia terbagi menjadi 3 yaitu tipe A, B, dan C yang mana sesuai dengan fasilitas yang tersedia di dalamnya dan kondisi jalan akses menuju rest area

 Baca juga: Motor Pebalap WSBK Mandalika Sudah Tiba di Lombok

“Keberadaan rest area bukan hanya sebagai tempat singgah istirahat ketika lelah berkendara, namun juga sebagai upaya dalam memberikan pelayanan yang optimal dan sesuai dengan standar bagi pengendara di jalan tol dalam hal kenyamanan dan keselamatan,” dikutip dari Twitter Badan Pengatur Jalan Tol @pupr_bpjt. 


Hampir di setiap ruas jalan tol telah dilengkapi rest area, maka dari itu keberadaan jalan tol sangat penting bagi pengendara untuk beristirahat. Bahkan jika diperhatikan ada interval antara jarak tiap rest area

Rest Area Travoy.Dok. PT Jasamarga Related Business Rest Area Travoy.

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.10/PRT/M/2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan Jalan Tol, Pasal 8 tentang Lokasi TIP, setiap rest area memiliki jarak lokasi dengan ketentuan sebagai berikut :


1. Rest area tipe A
Rest area tipe A disediakan minimal 1 rest area setiap 50 km untuk setiap jurusan. Rest area tipe A berjarak minimal 20 Km dengan rest area tipe A berikutnya dan berjarak minimal 10 Km dengan rest area tipe B.

Baca juga: Berapa Liter Kapasitas Oli Mesin Wuling Almaz?

2. Rest area tipe B
Rest area tipe B berada di jalan tol antar kota yang memiliki panjang lebih dari 30 Km. Rest area tipe B berjarak minimal 10 Km dengan rest area tipe B berikutnya.


3. Rest area tipe C
Rest area tipe C berjarak 2 Km dengan rest area tipe A, tipe B serta sesame tipe C. Biasanya, rest area tipe C hanya dioperasikan pada masa libur panjang, periode Lebaran, Natal atau Tahun Baru.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.