Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balapan Seru MotoGP Australia 2022, Aksi Saling Salip Sampai Lap Akhir

Kompas.com - 16/10/2022, 11:18 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Laga MotoGP Australia 2022 yang dihelat di Sirkuit Philip Island pada Minggu (16/10/2022) berlangsung sangat ketat yang disertai drama. Pada awal balapan saja, keadaan cukup memanas hingga hadirnya insiden bahaya.

Meski tidak ada yang keluar sirkuit, pada putaran awal Fabio Quartararo yang memperebutkan posisi pertama klasemen sementara MotoGP 2022 dengan Francesco Bagnaia mengalami kesalahan cukup fatal yaitu melebar.

Keadaan tersebut terjadi pada tikungan ke-5. Besar kemungkinan, masalah utama diduga terjadi karena ada masalah pada kinerja rem motor yang digunakan.

Baca juga: Live MotoGP Australia 2022, Jack Miller Ditabrak Marquez

Marc MarquezFoto: Twitter Marc Marquez Marc Marquez
 

Tidak berselang lama, pada putaran ke-4 terjadi crash antara Alex Marquez dan Jack Miller. Masalah utamanya, seperti Quartararo, Alex tampak kurang mengantisipasi saat bermanuver sehingga sedikit melebar.

Akibatnya, Miller yang cukup menempel untuk masuk ke partai tengah GP Australia 2022 di putaran awal terpaksa bersentuhan hingga membuat keduanya tidak bisa melanjutkan balap.

Tentu, hal ini akan membuat Alex dikenakan hukuman karena kesalahan saat menikung dengan memaksa salah satu pebalap yang berlaga tidak bisa lagi ikut menambah poin tambahan di papan klasemen.

Menuju putaran ke-10, Fabio Quartararo terpaksa keluar dari area balap usai mengalami crash. Membuat dirinya tidak akan mendapatkan poin tambahan dan jarak antara posisi pertama yang diisi Francesco Bagnaia menjauh.

Baca juga: Live MotoGP Australia, Fabio Quartararo Kecelakaan!

Para pebalap saat melakukan sesi latihan bebas keempat MotoGP Australia 2022 di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (15/10/2022). Dalam artikel ini, tersedia jadwal siaran langsung MotoGP Australia 2022. Link live streaming MotoGP Australia 2022 tersedia di bagian akhir artikel ini.AFP/GLENN NICHOLLS Para pebalap saat melakukan sesi latihan bebas keempat MotoGP Australia 2022 di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (15/10/2022). Dalam artikel ini, tersedia jadwal siaran langsung MotoGP Australia 2022. Link live streaming MotoGP Australia 2022 tersedia di bagian akhir artikel ini.

Setelah itu, jalannya balapan semakin memanas dan ketat, terkhusus pada partai teratas. Tampak, terdapat enam pebalap yang masih saling membuntuti dengan jarak tidak terlalu jauh, 0,5 detik.

Mereka ialah Bagnaia, Marc Marquez, Alex Rins, Marco Bezzecchi, Enea Bastianini, dan Luca Marini.

Di lap ke-14 Rins berhasil menyusul Martin dan kini memimpin balapan. Di sisi lain, Martin yang masih bingung dengan kejadian itu dihajar lagi oleh Marquez dan Bagnaia yang kemudian menyodok ke depan.

Bagnaia kemudian mengalahkan Marquez dan kini berada di posisi kedua. Masuk lap ke-15 Bagnaia berhasil menyusul Rins dengan kekuatan motor Desmosedici GP22 dan memimpin jalannya balapan.

Baca juga: Hasil MotoGP Australia, Balapan Penuh Aksi, Rins Juara, Marquez Podium

Pebalap Prima Pramac Jorge Martin (kanan) saat memimpin pada balapan MotoGP Australia di Phillip Island pada Minggu 16 Oktober 2022.AFP/PAUL CROCK Pebalap Prima Pramac Jorge Martin (kanan) saat memimpin pada balapan MotoGP Australia di Phillip Island pada Minggu 16 Oktober 2022.
 

Sisa enam putaran, Bezzecchi kemudian berhasil masuk ke posisi depan dan menempati posisi kedua. Sehigga Marquez terpaksa mundur ke posisi ke-3.

Namun panampakkan tersebut tidak berselang lama. Sebab menuju garis finis, Rins tiba-tiba menambah kecepatan motornya hingga membuat Suzuki Ecstar menjuarai GP Australia 2022.

Sementara Marquez tidak mau kalah, membuat dirinya kembali naik podium dengan mempati posisi ke-2, satu peringkat di atas Bagnaia yang di posisi ke-3.

Hasil Balap MotoGP Australia 2022

1 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
2 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
3 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22)
4 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP21)*
5 Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21)
6 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
7 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22)
8 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22)
9 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP)
10 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
11 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)
12 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)
13 Cal Crutchlow GBR WithU RNF Yamaha (YZR-M1)
14 Darryn Binder RSA WithU RNF Yamaha (YZR-M1)*
15 Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)*
16 Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)*
17 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP)
18 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
19 Tetsuta Nagashima JPN LCR Honda (RC213V)
20 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)*
Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22)
Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com