Cara Menghemat Konsumsi BBM Motor dengan Fitur Bawaan

Kompas.com - 26/09/2022, 16:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kenaikan harga BBM tentu membebani pengeluaran harian masyarakat. Bagi pengguna motor, biaya perjalanan harian mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Masyarakat perlu cara khusus untuk menghemat bensin. Salah satu yang bisa digunakan adalah memanfaatkan fitur bawaan motor.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, pengendara bisa memanfaatkan indikator irit berkendara atau ECO indikator.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Jepang 2022, Quartararo Makin Menjauh

Panel instrumen All New Honda ScoopyFoto: AHM Panel instrumen All New Honda Scoopy

Fitur ini sebagai pengingat bahwa kecepatan dan bukaan gas motor berada pada mode hemat," ujar Sani, kepada Kompas.com belum lama ini.

Seperti diketahui, fitur ECO indikator sudah jamak ditemukan pada motor keluaran baru. Fitur ini akan menyala saat gas dibuka dengan lembut.

Selain itu, lampu ECO indikator biasanya juga menyala saat melaju dengan putaran mesin rendah dan konstan.

Baca juga: Hasil MotoGP Jepang 2022: Miller Juara, Bagnaia Kecelakaan dan Marquez Gagal Podium

"Selain itu aktifkan juga fitur ISS (Idling Stop System). Optimalkan kinerja bagian-bagian komponen motor yang bisa menunjang keiritan BBM,

“Seperti menjaga tekanan angin ban, kembangan ban dalam kondisi yang baik, kemudian pastikan roda berputar tanpa hambatan, dan jarak main tuas rem,” ucap Sani.

Di samping itu, pemilik juga harus memastikan kondisi filter udara tidak kotor, busi normal, dan oli mesin serta oli transmisi rutin diganti. Tujuannya agar kinerja mekanikal lancar, sehingga motor mampu melaju dengan ringan.

Sani juga mengingatkan agar pengendara tidak berkendara secara ugal-ugalan, karena selain selain membahayakan, juga tidak efisien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.