Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghemat Konsumsi BBM Motor dengan Fitur Bawaan

Kompas.com - 26/09/2022, 16:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kenaikan harga BBM tentu membebani pengeluaran harian masyarakat. Bagi pengguna motor, biaya perjalanan harian mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Masyarakat perlu cara khusus untuk menghemat bensin. Salah satu yang bisa digunakan adalah memanfaatkan fitur bawaan motor.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, pengendara bisa memanfaatkan indikator irit berkendara atau ECO indikator.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Jepang 2022, Quartararo Makin Menjauh

Panel instrumen All New Honda ScoopyFoto: AHM Panel instrumen All New Honda Scoopy

Fitur ini sebagai pengingat bahwa kecepatan dan bukaan gas motor berada pada mode hemat," ujar Sani, kepada Kompas.com belum lama ini.

Seperti diketahui, fitur ECO indikator sudah jamak ditemukan pada motor keluaran baru. Fitur ini akan menyala saat gas dibuka dengan lembut.

Selain itu, lampu ECO indikator biasanya juga menyala saat melaju dengan putaran mesin rendah dan konstan.

Baca juga: Hasil MotoGP Jepang 2022: Miller Juara, Bagnaia Kecelakaan dan Marquez Gagal Podium

"Selain itu aktifkan juga fitur ISS (Idling Stop System). Optimalkan kinerja bagian-bagian komponen motor yang bisa menunjang keiritan BBM,

“Seperti menjaga tekanan angin ban, kembangan ban dalam kondisi yang baik, kemudian pastikan roda berputar tanpa hambatan, dan jarak main tuas rem,” ucap Sani.

Di samping itu, pemilik juga harus memastikan kondisi filter udara tidak kotor, busi normal, dan oli mesin serta oli transmisi rutin diganti. Tujuannya agar kinerja mekanikal lancar, sehingga motor mampu melaju dengan ringan.

Sani juga mengingatkan agar pengendara tidak berkendara secara ugal-ugalan, karena selain selain membahayakan, juga tidak efisien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com