Kompas.com - 26/09/2022, 09:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Masih banyak yang mengira mematikan AC mobil bikin konsumsi BBM lebih hemat. Padahal, masih ada cara yang lebih tepat untuk menghemat BBM.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, mematikan AC memang bisa mengurangi pemakaian BBM.

“Bisa lebih hemat, tapi tidak begitu signifikan,” ujar Bambang kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Jepang 2022, Quartararo Makin Menjauh

Pengisian BBM di SPBU Pertamina. Perbedaan BBM subsidi dan BBM non subsidi.Dok. Pertamina Pengisian BBM di SPBU Pertamina. Perbedaan BBM subsidi dan BBM non subsidi.

Menurutnya, bila ingin benar-benar menghemat konsumsi BBM, pengendara harus menjaga putaran mesin dan tekanan angin ban.

"Perhatikan juga jenis BBM yang digunakan. Kalau AC dimatikan tapi akselerasi dan pengereman mendadak tetap, sama saja," ucap Bambang.

Selain itu, Bambang menambahkan, membuka jendela mobil yang lebar juga bisa menghambat laju kendaraan. Sebab, kondisi ini ujung-ujungnya turut berdampak pada konsumsi BBM.

“Angin yang masuk ke interior justru menghambat laju kendaraan. Semakin besar jendela dibuka maka daya hambatnya makin besar,” kata dia.

Baca juga: Hasil MotoGP Jepang 2022: Miller Juara, Bagnaia Kecelakaan dan Marquez Gagal Podium

Berikut ini cara berkendara supaya irit bahan bakar:

1. Biasakan melakukan perpindahan gigi (transmisi manual) pada putaran 2.000-3.000 rpm.
2. Hindari akselerasi dan pengereman mendadak, bila tidak diperlukan.
3. Gunakan tekanan angin pada ban kendaraan sesuai spesifikasi.
4. Gunakan BBM sesuai spesifikasi kendaraan atau rekomendasi pabrikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.