Kompas.com - 26/09/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo harus puas hanya bisa finis posisi kedelapan pada MotoGP Jepang 2022 di Sirkuit Motegi. Dia juga mengatakan balapan kali ini tidak menyenangkan.

Quartararo yang start dari posisi kesembilan tidak bisa memperbaiki posisinya dengan signifikan. Dia mengaku cukup frustrasi karena tidak bisa menyalip pebalap di depannya.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Jepang 2022, Quartararo Makin Menjauh

"Setelah apa yang terjadi, lebih baik mendapat 8 poin daripada tidak sama sekali. Tapi, ini sedikit membuat frustrasi, karena saya bisa bersaing dengan Marc Marquez dan Miguel Oliveira," ujar Quartararo, dikutip dari Speedweek.com, Senin (26/9/2022).

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. Saat ini, Fabio Quartararo tampil di MotoGP Jepang 2022 di Sirkuit Motegi. (Foto oleh Vladimir Simicek/AFP)AFP/VLADIMIR SIMICEK Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. Saat ini, Fabio Quartararo tampil di MotoGP Jepang 2022 di Sirkuit Motegi. (Foto oleh Vladimir Simicek/AFP)

Saat itu, Marquez finis di posisi keempat. Sedangkan Oliveira, ada di posisi kelima. Keduanya memiliki jarak yang tak jauh dari Quartararo.

"Saya memiliki masalah dalam menyalip, karena saya unggul di sektor dua dan tiga, tapi kehilangan waktu di sektor satu. Ini membuat frustrasi karena saya bisa saja lebih cepat," kata Quartararo.

Baca juga: Quartararo Sebut Marquez Sangat Kencang dan Bisa Menang di GP Jepang

Quartararo menambahkan, kondisi tersebut dikarenakan dia dan timnya melakukan sedikit ubahan pada motornya sebelum balapan. Bukannya jadi lebih kompetitif, tapi justru membuat motornya jadi lebih lambat.

Pebalap Ducati Francesco Bagnaia (depan) dan rider andalan Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo (belakang) sedang membalap pada MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, 1 Mei 2022. Terkini, Francesco Bagnaia akan melanjutkan perjuangan di MotoGP Aragon 2022. Artikel ini menyajikan klasemen MotoGP 2022.AFP/JAVIER SORIANO Pebalap Ducati Francesco Bagnaia (depan) dan rider andalan Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo (belakang) sedang membalap pada MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, 1 Mei 2022. Terkini, Francesco Bagnaia akan melanjutkan perjuangan di MotoGP Aragon 2022. Artikel ini menyajikan klasemen MotoGP 2022.

"Kami lebih baik dengan tekanan udara pada ban depan, tapi kali ini bukan tentang tekanannya. Sebab, perubahan sebelum balapan memberikan dampak yang negatif, sama seperti pemilihan ban," ujarnya.

Quartararo mengaku hanya mencoba ban tipe soft dan medium, tapi ternyata salah dalam menilai kedua tipe ban tersebut. Menurutnya, pebalap yang start dengan menggunakan ban belakang tipe hard mengambil pilihan yang tepat.

 

Baca juga: Quartararo Sebut Marquez Sangat Kencang dan Bisa Menang di GP Jepang

Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. Aleix kini akan beraksi pada balapan MotoGP San Marino 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)VLADIMIR SIMICEK Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. Aleix kini akan beraksi pada balapan MotoGP San Marino 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

Selain itu, dia memperkirakan banyak yang akan melakukan manuver untuk menyalip di tikungan 7. Tapi, ternyata justru tidak ada yang melakukannnya.

"Itu aneh, karena biasanya banyak yang menyalip di sana. Saya menghabiskan banyak waktu balapan di belakang Maverick Vinales dan tidak bisa mencoba untuk menyalipnya. Balapan ini tidak menyenangkan," kata Quartararo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.