Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ratu Elizabeth II Ikut Mendesain Mobil Jenazahnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II diketahui merupakan pecinta mobil Inggris. Mobil jenazah yang mengantarnya pun merupakan pabrikan Inggris yang bahkan desainnya dibantu juga oleh Ratu Elizabeth II.

Peti jenazah Ratu Elizabeth II dibawa menggunakan mobil khusus dari Royal Navy Carriage menuju tempat pemakaman. Mobil tersebut merupakan buatan Jaguar Land Rover.

Dikutip dari Townandcountrymag.com, Selasa (20/9/2022), mobil ini baru saja masuk menjadi jajaran mobil kerajaan. Jaguar Land Rover membuatnya atas konsultasi dengan pihak rumah tangga kerajaan dan Ratu Elizabeth II sendiri.

Mobil jenazah yang digunakan sengaja didesain menggunakan kaca yang lebar dan tinggi di bagian buritan. Sehingga, semua orang dapat melihat peti jenazah tersebut. Basis yang digunakan kabarnya adalah Jaguar XF yang dimodifikasi.

Mobil buatan Jaguar Land Rover ini disematkan lambang kerajaan atau Royal Cypher. Sedangkan bodinya sendiri, dilapisi dengan warna Royal Claret. Warna yang sama seperti yang digunakan pada mobil kerajaan lainnya.

Diketahui Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip, adalah penggemar dari Jaguar Land Rover yang bermarkas di Whitley, Coventry. Pada 2014, keduanya juga pernah mengunjungi pabrik mesin terbaru dari Jaguar Land Rover di Wolverhampton.

Pangeran Philip sendiri diketahui memiliki sejumlah Land Rover lawas. Termasuk dengan Defender yang sudah diubah sebelum dia wafat untuk membawa peti jenazahnya pada pemakaman.

Mobil jenazah tersebut menggunakan basis Land Rover Defender TD 130 yang bagian belakangnya dimodifikasi menjadi terbuka. Mobilnya dikelir dengan warna Dark Bronze Green, warna yang sama seperti yang digunakan pada kendaraan militer Inggris.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/20/120200815/ratu-elizabeth-ii-ikut-mendesain-mobil-jenazahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke