Catat 1.050 Pebalap, Street Race di Kemayoran Paling Diminati

Kompas.com - 05/09/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ajang balap jalanan (street race) yang dihelat Polda Metro Jaya rencananya akan digelar setiap dua bulan sekali demi memfasilitasi komunitas dan pecinta balap liar.

"Nanti rencana setiap dua bulan sekali pasti akan dilaksanakan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman, disitat dari Antara (4/9/2022).

Tercatat selama menggelar ajang yang sama sebanyak empat kali, gelaran Street Race di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, menjadi lokasi dengan jumlah peserta terbanyak.

Baca juga: Perbandingan Harga Isi Bensin Penuh Honda Beat dan Yamaha Fazzio

Street Race, ajang balap liar tapi legal yang difasilitasi oleh Polda Metro Jaya. Foto: Polda Metro Jaya Street Race, ajang balap liar tapi legal yang difasilitasi oleh Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, Polda Metro telah menggelar balap jalanan di Ancol (Jakarta Utara), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan (Banten) dan Meikarta, Cikarang, Bekasi (Jawa Barat).

Polda Metro mencatat ada 1.050 pembalap yang mendaftar untuk ajang balap di Kemayoran untuk dua hari, yakni Sabtu (3/9) dan Minggu (4/9).

Khusus pada Minggu, balapan diikuti oleh sekitar 500 peserta dari berbagai komunitas jenis motor yang dilombakan.

Baca juga: Revvo 89 Jadi Bensin Paling Murah, Amankah Ditenggak Mobil Modern?

Latif mengatakan, jumlah peserta dibatasi hanya ada 1.050 pendaftar. Ia mengklaim, apabila tidak dibatasi, jumlah peserta hampir 2.500 orang.

"Karena waktu, tempat, sarana-prasarana, kemarin saja sampai pukul 24.00 WIB baru selesai," kata Latif.

Latif menambahkan, Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, dinilai cocok sebagai lokasi balap jalanan karena konstruksi jalan sesuai untuk balap. Selain itu, ukuran jalannya memadai untuk menampung para pebalap serta penonton.

Baca juga: Pertamax Naik, Isi Bensin Nmax Full Tank Nyaris Rp 100.000

Sejumlah remaja menjajal sepeda motor balap di luar arena Street Race Kemayoran, Jakarta Pusat yang dilintasi kendaraan umum, Sabtu (3/9/2022).KOMPAS.com/Tria Sutrisna Sejumlah remaja menjajal sepeda motor balap di luar arena Street Race Kemayoran, Jakarta Pusat yang dilintasi kendaraan umum, Sabtu (3/9/2022).

Selain itu, Kemayoran juga telah lama menjadi lokasi balapan liar bagi para joki dan komunitasnya.

"Tempatnya paling ideal, dari animo, tempat, peserta, yang paling banyak di sini. Karena memang marwah balap liar katanya di sini dulu," ucap Latif.

"Terpenting adalah energi-energi mereka yang berlebih, kita salurkan di sini secara positif," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.