Bus Indonesia Tampil Premium dengan Posisi Pintu Belakang di Tengah

Kompas.com - 22/07/2022, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tampilan bus dengan pintu belakang di tengah beberapa tahun ke balakang dianggap lebih keren dibanding model pintu di belakang.

Di tengah ini maksudnya adalah posisi pintu berada di antara roda depan dan belakang. Sedangkan untuk pintu belakang pada umumnya, dipasang setelah as roda belakang.

Posisi pintu di tengah sebenarnya menyesuaikan dari sasis yang digunakan. Biasanya untuk sasis premium dengan tenaga lebih dari 300 TK, pintu belakang ditaruh di tengah karena ruang setelah as roda tidak cukup.

Baca juga: Peristiwa Bus Terbakar, Bukti Krusialnya Uji KIR

Bus AKAP baru PO Rosalia IndahDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Rosalia Indah

Namun, karoseri juga bisa membuat pintu belakang di tengah sesuai dengan permintaan pemesan. Biasanya untuk bus dengan space frame bisa dibuat pintu tengah.

Deddy Hermawan, Development Design Karoseri New Armada mengatakan, mengenai tampilan bus pintu tengah memang terlihat keren karena berkiblat pada bus-bus yang ada di Eropa.

“Ya karena bus luar negeri atau Eropa kayaknya seperti itu (pintu tengah), jarang yang pintu belakang,” kata Deddy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Diperluas, Pendaftaran Pertalite Dibuka untuk Warga Jakarta dan Bekasi


Menggunakan pintu tengah ini juga punya beberapa manfaat. Salah satunya adalah posisi toilet yang bisa ada di sebelah pintu. Sehingga posisinya rendah dan tidak mengganggu pandangan penumpang ke arah samping.

“Dengan pintu tengah dimungkinkan toilet ada di depan atau belakang pintu tersebut dengan posisi di bawah. Jadi view jendela tidak terhalang bodi toilet,” kata Deddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.