Apa Bedanya Bus Kelas Ekonomi dengan Patas?

Kompas.com - 13/07/2022, 17:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelas layanan bus AKAP saat ini memang semakin beragam. Untuk layanan yang paling ekonomis, bisa memilih antara bus ekonomi maupun tambah sedikit lagi ongkos untuk naik bus Patas.

Patas sendiri merupakan akronim dari Cepat Terbatas. Secara model luar, memang tidak terlihat berbeda antara bus ekonomi AC dengan Patas.

Walaupun begitu, sebenarnya ada sedikit pembeda antara bus ekonomi dengan Patas. Seperti yang dikatakan Wayan Sindhu, Ketua Umum BisMania Community.

Baca juga: Persaingan Bus Jakarta-Medan, Harga Tiket Mulai Rp 475.000 

Pertama soal susunan kursi, bus ekonomi biasanya memakai model tiga penumpang di kanan dan dua di kiri kabin (3-2). Sedangkan Patas, kebanyakan sudah dapat bangku 2-2 yang lebih lebar.

"Kemudian mulai kelas Patas, kadang ada fasilitas servis makan gratis, termasuk harga tiket. Sedangkan yang ekonomi masih belum," ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (13/7/2022).

Selain itu, untuk bus Patas dengan jarak yang cukup jauh, penumpang kerap diberikan Snack serta bantal dan selimut. Namun untuk jarak dekat, bus Patas tidak memberi fasilitas tersebut.

Baca juga: Pilih Mana, Ganti Radiator OEM atau Servis Radiator?

"Semuanya tergantung jarak tempuh, semakin jauh, opsi yang tadi mungkin diadakan. Seperti Snack, bantal, dan selimut," kata Wayan.

Untuk bus ekonomi, sebenarnya fokus pada menampung penumpang yang banyak. Oleh karena itu, harga tiketnya bisa ditekan atau lebih murah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.