Kompas.com - 12/07/2022, 11:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Beda dari aki kering atau maintenance free (MF), yang tak perlu penambahan air, pengguna aki basah perlu melakukan pemeriksaan kondisinya secara periodik. 

Pasalnya, seiring dengan pemakaian kendaraan, terutama akibat oksidasi volume air aki perlu ditambah. Namun prosesnya tak boleh sembarangan.

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, soal isi ulang penambahan air aki basah tak boleh asal-asalan. 

"Untuk bisa tau batas aman ketinggian air aki bisa dilihat dari bagian samping. Yaitu, dengan melihat garis batas upper dan lower," kata Bambang, kepada Kompas.com, Senin (11/7/2022).

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ganti Kapasitas Aki Lebih Besar Bisa Bikin Awet?

Bambang melanjutkan, proses isi ulang ada beberapa aturan. Paling utama tak boleh kurang atau kelebihan.

Pasalnya, bila sampai kelebihan berisiko memperparah penguapan, atau bisa jadi memicu korosi pada bagian mobil lainnya di area kap mesin. 

Isi air aki mobilKompas.com Isi air aki mobil

"Problem utama bagian kap mesin mobil dekat dengan bagian aki bisa berkarat karena isi air terlalu berlebih. Kemudian, untuk komponen aki bisa menyebabkan terjadi oksidasi," katanya.

Beda halnya bila isi ulang air aki tetapi belum sesuai indikator upper level atau kurangRisikonya, bisa jadi cell aki overheat. 

"Volume air aki di bawah garis low, cell aki tidak bisa terendam air sempurna. Sehingga, keadaan aki yang terlampau panas menyebabkan gelembung bereaksi ketika starter mobil," ucap Bambang. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.