Yamaha Tutup Mulut Soal Model yang Kena Imbas Krisis Cip

Kompas.com - 22/06/2022, 11:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha mengatakan kelangkaan cip semikonduktor memang memiliki dampak pada model Yamaha di Indonesia. Tapi sejauh ini dampak tersebut masih bisa diatasi.

Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro, mengatakan, pihaknya tidak bisa menyebut model apa saja yang terkena imbas.

"Saya tidak bisa memberikan terlalu banyak informasi tentang itu," kata Anton yang ditemui di Yamaha Sunday Race (YSR) 2022 di Sirkuit Sentul, Bogor, akhir pekan lalu.

Baca juga: Lokasi Layanan SIM Keliling di Tangerang Selatan Hari Ini

Yamaha MT-15 2022PAULTAN.org Yamaha MT-15 2022

"Saya akan jawab tapi tidak detail, ini ialah isu global dan semua produk yang menggunakan semi konduktor yang menggunakan ini terkena dampak. Kalau di Yamaha bagaimana dengan produk yang ada, kita terkena dampak tapi kita masih bisa kendalikan," kata dia.

Berbeda dengan Yamaha, pabrikan sesama Jepang, yaitu Honda, menyebut kelangkaan cip memengaruhi produksi skutik terutama kelas entry level.

Thomas Wijaya Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, proses produksi tersebut akhirnya berpengaruh pada keterlambatan suplai ke konsumen.

"Khususnya di tipe matik, terus kurang lebih (ada) beberapa tipe. Plus minus konsumen menunggu sampai satu bulan," kata Thomas dalam video telekonferensi, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jangan Telat, Ini Waktu Tepat Ganti Oli Gardan Mobil

All New Yamaha Nmax 155Dok. YIMM All New Yamaha Nmax 155

Senada dengan Honda, pabrikan Jepang lainnya yaitu Kawasaki juga menyebut kelangkaan bahan baku ini menimpa motor sport Kawasaki ZX-25R.

Michael C Tanadhi, Kepala Pemasaran dan Promosi Kawasaki Motor Indonesia (KMI), mengatakan, krisis cip yang melanda global itu membuat pengiriman unit Ninja ZX-25R ke konsumen jadi lebih lama.

"ZX-25R kalau yang ABS yang tadinya satu bulan kini bisa jadi dua bulan akibat (krisis) semikonduktor," kata Michael yang ditemuibelum lama ini.

Michael mengatakan, model yang terkena hanya Ninja ZX-25R ABS karena cip tersebut digunakan di modul ABS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.