Pandemi Terkendali, Penjualan Daihatsu Naik Lagi

Kompas.com - 10/06/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pandemi belakangan ini mulai terkendali. Pemerintah juga sudah melonggarkan banyak aturan yang berkaitan dengan aktivitas masyarakat dalam jumlah besar.

Kondisi ini ternyata memberikan dampak positif juga bagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Hingga Mei 2022, Daihatsu berhasil meningkatkan penjualannya secara nasional. Bahkan, lebih besar persentasenya dibandingkan pasar otomotif nasional.

Baca juga: Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Varian Baru Meluncur Bulan Depan?

Pasar otomotif nasional mencatatkan penjualan ritel mencapai 381.000 unit atau naik sekitar 18,5 persen, dibandingkan periode yang sama pada 2021 yang hanya 322.000 unit.

Daihatsu Sigra di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sigra di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Dalam lima bulan pertama 2022, penjualan ritel Daihatsu mencapai 73.711 unit atau naik 34,7 persen. Hasil itu membuat Daihatsu tetap bertahan pada peringkat kedua penjualan otomotif nasional.

Tapi, jika dilihat secara lebih luas, kenaikan pangsa pasar Daihatsu mencapai 2,3 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Soal Mobil Listrik, Daihatsu Ikut Toyota

Penjualan tertinggi masih diraih oleh Sigra dengan total 18.069 unit untuk ritel dan 15.840 unit untuk wholesales. Posisi kedua ditempati Gran Max pick up, yang terjual hingga 16.954 unit (ritel) dan 17.609 unit (wholesales). Xenia ada di urutan ketiga dengan 9.910 unit (ritel) dan 11.239 unit (wholesales).

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), mengatakan, pihaknya bersyukur dapat mempertahankan penjualan 5 bulanan dengan raihan positif yang terus mendekati level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19.

"Semoga capaian baik ini, serta penurunan Covid-19 di Indonesia dapat kembali menggairahkan pasar otomotif nasional,” ujar Hendrayadi, dalam keterangan resminya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.