Desain Toyota Hilux Vs Mitsubishi Triton, Pilih Simpel atau Modern?

Kompas.com - 24/05/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pikap kabin ganda atau double cabin merupakan kendaraan kerja yang umum digunakan di kawasan tambang, perkebunan, atau lokasi yang membutuhkan mobil dengan penggerak 4x4.

Walaupun fungsinya sebagai kendaraan kerja, beberapa merek menyediakan pilihan double cabin yang tetap bisa dipakai kerja, namun punya tampilan yang mewah. Contohnya seperti Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton.

Selain ditemui di area kerja, kedua pikap kabin ganda ini juga kerap ditemukan seliweran di jalan perkotaan. Apalagi secara tampilan, keduanya bisa diadu dengan mobil lainnya dan tidak kalah modern.

Baca juga: Hitung Biaya Perawatan Toyota Hilux sampai 100.000 Km

Test Drive Mitsubishi TritonKOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Test Drive Mitsubishi Triton

Pertama untuk Hilux, Toyota Indonesia belum lama ini meluncurkan model paling baru, tepatnya di tahun 2020. Secara tampilan, Hilux memang terlihat lebih sederhana, ubahan paling besar ada di bagian sistem penerangan atau lampu dan gril.

Lampu yang digunakan untuk varian Hilux tertinggi sudah proyektor LED, begitu juga dengan fog lamp-nya. Kemudian, tampilan gril yang baru ini memberi kesan mobil Amerika, modelnya lebar dengan ornamen hitam dengan aksen krom di sekelilingnya.

Kalau melihat profil samping dari Hilux, tidak banyak berbeda dengan model sebelumnya. Perbedaan bisa dilihat dari model pelek yang digunakan dan kini dicat gun metal, memberi kesan tangguh.

Baca juga: Mengapa Pengguna Pajero dan Fortuner Identik dengan Pengemudi Arogan?

Toyota Hilux FaceliftKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota Hilux Facelift

Beralih ke bagian belakang, lampu kombinasinya sudah memakai model baru. Lampu malam sudah pakai model LED bar, bentuknya pun menarik, layaknya huruf E atau angka 3. Namun untuk lampu lainnya, masih memakai bohlam.

Sedangkan Triton, model terbaru ini berbeda jauh daripada generasi sebelumnya. Bisa dilihat bahasa desain Mitsubishi yakni Dynamic Shield terpampang jelas dari bagian depannya.

Dari depan, lampu utama sudah menggunakan projector LED lengkap dengan DRL LED, sementara foglamp dan lampu sein ada di bagian bumper.

Baca juga: Apa Itu Cip RFID pada Pelat Nomor Putih dan Fungsinya

Test Drive Mitsubishi TritonKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Mitsubishi Triton

Model lampu depan yang terpisah ini memberi kesan tangguh, nampak seperti disusun ke atas. Apalagi ada bagian shield tadi dari bagian bawah lampu utama yang menyambung sampai ke bawah fog lamp.

Bagian buritan juga tampak berbeda dibanding Triton sebelumnya, lampu belakang kini lebih mengotak dengan aksen LED mirip seperti Pajero Sport.

Jadi jika dibandingkan lewat tampilan eksteriornya, lebih suka Hilux yang simpel namun canggih atau Triton yang desainnya sangat modern dan terlihat kekar?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.