Kompas.com - 18/05/2022, 10:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Mengendarai motor tidak hanya sekedar mahir saja, namun harus memiliki teknik yang tepat saat menghadapi berbagai situasi.

Teknik berkendara yang tepat akan membuat perjalanan menggunakan motor lebih lancar dan aman. Bagi sepeda motor jenis sport umumnya dirancang menjadi transmisi manual.

Motor manual memiliki kelengkapan berupa tuas kopling yang berguna untuk perpindahan gigi persneling.

Baca juga: Meski Kecil, tapi Jangan Sepelekan Fungsi Koil pada Motor

Namun, kebiasaan buruk pengendara sepeda motor sport yaitu selalu salah saat penggunaan tuas kopling. Kesalahan yang sering keliru untuk dilakukan adalah menarik tuas ketika sedang mengerem.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan jika kebiasaan tersebut haruslah dihilangkan. Menarik tuas kopling saat mengerem menghilangkan gaya engine brake yang membantu proses pengereman.

“Ketika akan rem mendadak juga kopling adalah hal terakhir yang ditarik, agar mesin membantu pengereman,” kata Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Komparasi Honda All New CBR150R Vs Yamaha R15 v4Dok. Yamaha Motor dan AHM Komparasi Honda All New CBR150R Vs Yamaha R15 v4

Apabila menarik tuas kopling ketika sedang mengerem, laju motor akan lebih nge-loss atau tidak sepenuhnya terkendali.

Kebiasaan tersebut akan lebih berbahaya lagi jika dilakukan di medan dengan kontur perbukitan yang banyak terdapat jalan menurun.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Diesel Lebih Bandel Terjang Banjir?

Agar aman mengendarai motor manual, pengemudi harus menghilangkan kebiasaan selalu memegang tuas kopling saat berkendara.

Mainkan tuas kopling saat dalam keadaan macet atau kecepatan di bawah 10 kpj agar mesin motor tidak mati.

“Kopling hanya ditarik saat ingin ganti gigi, motor berhenti dalam kondisi masuk gigi, dan ketika setelah melakukan pengereman,” kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.