Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Motor Harus Hati-hati jika Berkendara Dekat Truk

Kompas.com - 22/03/2022, 10:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di dekat truk merupakan kondisi yang riskan dan berbahaya. Pasalnya, truk memiliki area titik buta cukup besar, sehingga beberapa area jalan tidak terlihat dari kabin pengemudi.

Baru-baru ini, terjadi lagi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk dan sepeda motor di Jalan Raya Bogor, Ciracas, Jakarta Timur pada Senin (21/3/2022). Sopir diduga kurang hati-hati dan menyerempet motor yang sedang berjalan searah dengan truk.

Baca juga: Remaja Nekat Adang Truk di Jalan, Apa yang Harus Dilakukan Sopir?

Kepala Unit Laka Satlantas Wilaya Jakarta Iptu Seno Wibowo mengatakan bahwa kecelakaan tersebut bermula saat truk datang dari arah utara ke selatan.

"Jadi truk dari arah Kramatjati ke Depok atau Bogor," ujar Seno seperti dikutip Megapolitan.Kompas.com.

Melihat seringnya terjadi kecelakaan yang melibatkan truk dan pemotor, berkendara di dekat kendaraan besar memiliki potensi bahaya yang sangat besar dan rawan kecelakaan.

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.GAS2.org Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.

"Ketika berinteraksi dengan kendaraan lebih besar sebaiknya menghindar," ucap Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Menurut Jusri, pengguna jalan yang berkendara di dekat truk atau kendaraan besar lainnya harus selalu bisa mendeteksi potensi bahaya.

Dimensi truk yang besar membuat kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor, berada di dalam area blind spot atau titik buta yang tidak tercakup dari kaca spion dan pandangan pengemudi truk.

Baca juga: Usai MotoGP, Sirkuit Mandalika Mulai Dilirik Penyelenggara Balap Dunia

Maka untuk menghindari terjadinya kecelakaan, pemilik kendaraan bermotor sebaiknya menjaga jarak dengan truk ataupun kendaraan besar lainnya.

"Menghindari itu bisa melaju (menjauhi) atau membiarkan kendaraan besar tersebut melewati kita. Sebab kendaraan besar memiliki kemampuan yang berbeda dalam masalah pengereman," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com