Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otomotif Jadi Salah Satu Produk Andalan Ekspor Indonesia

Kompas.com - 09/03/2022, 09:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor otomotif menjadi salah satu produk ekspor andalan dari Indonesia yang menduduki peringkat ke-8 dari total 10 ekspor unggulan sepanjang tahun 2021 lalu.

Bahkan, otomotif masuk menjadi salah satu industri prioritas yang dapat berkontribusi sebesar 3,02 persen bagi Gross Domestic Product (GDP) di Tanah Air.

Demikian data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang disitat dari keterangan tertulis PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Ada Pelabuhan Patimban, Target Ekspor Toyota Tahun Ini Naik 51 Persen

Capaian Ekspor Toyota Motor Manufacturing IndonesiaDOK. TMMIN Capaian Ekspor Toyota Motor Manufacturing Indonesia

"Data ini menunjukkan bahwa potensi industri otomotif Indonesia cukup besar sehingga bisa terus dikembangkan menjadi basis produksi global," kata Direktur Corporate Affairs PT TMMIN Bob Azam.

Dalam peta persaingan industri otomotif global berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), produksi kendaraan bermotor di Indonesia menempati peringkat ke-13.

Adapun tahun lalu, total produksi mobil di Indonesia mencapai 690.176 unit dengan pembagian 551.426 unit untuk kategori passanger car dan 138.750 unit sisanya pada sektor kendaraan niaga.

Pabrik Toyota Australia.Motoring.com.au Pabrik Toyota Australia.

Sementara pada sisi ekspor kendaraan roda empat atau lebih di periode yang sama, mencapai angka 294.639 unit completely built up (CBU) dan 91.964 unit pada tipe completely knocked down (CKD).

Dibandingkan pencapaian Januari-Desember 2020, masing-masing naik 26,9 persen dan 62,5 persen.

"Diharapkan Indonesia mampu mengekspor kendaraan hingga 300.000 unit," ujar Bob.

"Untuk periode Januari-Februari 2022, ekspor Toyota berhasil mencapai angka lebih dari 44.000 unit, naik 31 persen dibanding periode sama di tahun lalu," tambahnya.

Baca juga: Transjakarta Resmi Operasikan 30 Unit Bus Listrik

TMMIN mulai ekspor Toyota Fortuner ke AustraliaTMMIN TMMIN mulai ekspor Toyota Fortuner ke Australia

Lebih rinci, penyokong terbesar ekspor mobil dari Toyota Indonesia dari produk bertipe Sport Utility Vehicle (SUV) seperti Fortuner, Rush, dan Raize, yakni sebesar 22.300 unit.

Kemudian tepat di bawahnya, ada tipe Multi Purpose Vehicle (MPV) yang mencangkup Kijang Innova, Sienta, Avanza, Town/Lite Ace, dan Veloz dengan total 11.800 unit.

Tipe sedan, hatchback, dan Low Cost Green Car (LCGC) yaitu Vios, Yaris, serta Agya memberikan sumbangan ekspor sebesar 9.900 unit selama Januari-Februari 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com