Tanpa Avanza, Generasi Baru Toyota Veloz Mengaspal di Thailand

Kompas.com - 26/02/2022, 10:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Thailand menjadi pasar kedua All New Veloz setelah resmi mengaspal di Indonesia jelang akhir 2021. MPV murah yang kini sudah pisah produksi dengan Avanza tersebut, dihadirkan dalam dua varian, yakni Smart dan Premium.

Dilansir Paultan.org, Toyota memasarkan Veloz generasi baru di Thailand dengan banderol sebesar Rp 795.000 baht atau sekitar Rp 350 jutaan untuk time Smart, dan 875.000 baht atau Rp 385 jutaan untuk yang Premium.

Karena diproduksi dari Indonesia, otomatis secara spesifikasi nyaris sama. Mulai dengan penggunaan platform penggerak roda depan (FWD) dan Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sampai mesin 2NR-VE berkubikasi 1.500 cc.

Baca juga: PPnBM Diperpanjang, Semua Varian XL7 dan Ertiga Turun Harga

All New Veloz di ThailandToyota Thailand All New Veloz di Thailand

Mesin tersebut mampu mengolah tenaga hingga 106 PS atau 104,5 tk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm di putaran 4.200 rpm. Tenaga tersebut ditransfer ke roda depan melalui gearbox D-CVT yang sama dengan Rocky atau Raize.

Soal transmisi menjadi salah satu perbedaan dengan Indonesia. Pasalnya Toyota hanya memasarkan Veloz untuk Thailand dengan transmisi D-CVT saja, alias absen untuk versi manualnya.

Selain mesin dan platform, Veloz baru di Thailand juga sudah mengaplikasi Toyota safety Sense (TSS). Namun teknologi keselamatan aktif ini kabarnya hanya tersedia untuk versi tertinggi saja, yakni tipe Premium.

Baca juga: Intip Harga Bekas Koleksi Mobil Indra Kenz Beserta Pajaknya

Fitur-fitur yang ada pada TSS juga hampir sama, yakni Pre-Colission System, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, serta Lane Departure Warning System with Lane Departure Alert (LDA) With Steering Assist.

All New Veloz di ThailandToyota Thailand All New Veloz di Thailand

Namun kabarnya pada versi tertinggi ada tambahan lain seperti, Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, dan Automatic High Beams. Meski cruise control tetap tak disematkan, namun kamera 360 derajat sudah menjadi perangkat standar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.