Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Avanza, Generasi Baru Toyota Veloz Mengaspal di Thailand

Kompas.com - 26/02/2022, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Thailand menjadi pasar kedua All New Veloz setelah resmi mengaspal di Indonesia jelang akhir 2021. MPV murah yang kini sudah pisah produksi dengan Avanza tersebut, dihadirkan dalam dua varian, yakni Smart dan Premium.

Dilansir Paultan.org, Toyota memasarkan Veloz generasi baru di Thailand dengan banderol sebesar Rp 795.000 baht atau sekitar Rp 350 jutaan untuk time Smart, dan 875.000 baht atau Rp 385 jutaan untuk yang Premium.

Karena diproduksi dari Indonesia, otomatis secara spesifikasi nyaris sama. Mulai dengan penggunaan platform penggerak roda depan (FWD) dan Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sampai mesin 2NR-VE berkubikasi 1.500 cc.

Baca juga: PPnBM Diperpanjang, Semua Varian XL7 dan Ertiga Turun Harga

All New Veloz di ThailandToyota Thailand All New Veloz di Thailand

Mesin tersebut mampu mengolah tenaga hingga 106 PS atau 104,5 tk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm di putaran 4.200 rpm. Tenaga tersebut ditransfer ke roda depan melalui gearbox D-CVT yang sama dengan Rocky atau Raize.

Soal transmisi menjadi salah satu perbedaan dengan Indonesia. Pasalnya Toyota hanya memasarkan Veloz untuk Thailand dengan transmisi D-CVT saja, alias absen untuk versi manualnya.

Selain mesin dan platform, Veloz baru di Thailand juga sudah mengaplikasi Toyota safety Sense (TSS). Namun teknologi keselamatan aktif ini kabarnya hanya tersedia untuk versi tertinggi saja, yakni tipe Premium.

Baca juga: Intip Harga Bekas Koleksi Mobil Indra Kenz Beserta Pajaknya

Fitur-fitur yang ada pada TSS juga hampir sama, yakni Pre-Colission System, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, serta Lane Departure Warning System with Lane Departure Alert (LDA) With Steering Assist.

All New Veloz di ThailandToyota Thailand All New Veloz di Thailand

Namun kabarnya pada versi tertinggi ada tambahan lain seperti, Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, dan Automatic High Beams. Meski cruise control tetap tak disematkan, namun kamera 360 derajat sudah menjadi perangkat standar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com