Tumbuh Positif Tahun Ini, Asuransi Kendaraan Optimistis Tatap 2022

Kompas.com - 23/12/2021, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asuransi kendaraan bermotor mengalami performa positif sepanjang tahun ini, seiring kontribusinya dalam mendongkrak kinerja asuransi umum setela sempat anjlok imbas pandemi Covid-19 tahun lalu.

Direktur Zurich Asuransi Indonesia Wayan Pariama mengatakan, berdasar data dari Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) pada kuartal III/2021, asuransi kendaraan bermotor mampu berkontribusi 20,3 persen.

"Kinerja positif ini mencerminkan daya tahan industri yang tangguh meski di tengah pandemi Covid-19," katanya dalam diskusi virtual yang diadakan Forum Wartawan Otomotif, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: Industri Otomotif Nasional Meningkat Signifikan Jelang Akhir Tahun

Aplikasi asuransi mobilelenabs Aplikasi asuransi mobil

Menurut Wayan, di Zurich sendiri produk otomotif masih mendominasi yang mencapai 39 persen untuk roda dua (motor vehicle/MV2) dan 61 persen di sektor kendaraan roda empat (motor vehicle/MV4).

Capaian ini berlangsung pada Kuartal III/2021, dimana sektor otomotif pun tengah mengalami pertumbuhan positif setelah berlaku insentif PPnBM-DTP.

Melansir data Gaikindo, penjualan mobil selama Januari-November 2021 telah meningkat 66,5 persen dari periode sama tahun lalu. Sementara di sisi produksi, juga tumbuh 61,4 persen pada kurun waktu yang sama.

Lebih rinci, penjualan dari pabrik ke diler alias wholesales selama Januari-November 2021 telah mencapai 790.524 unit. Angka tersebut naik sangat signifikan dibanding tahun sebelumnya hingga ke level 60 persenan.

Baca juga: Jalan Berbayar Elektronik Dinilai Lebih Efektif Atasi Kemacetan

Asuransi mobilutah778 Asuransi mobil

Pada sisi penjualan ritel juga demikian, mencapai 761.861 unit. Bila melihat target tahunan yang sudah ditetapkan yaitu 850.000 unit, diprediksi bahwa penjualan tahun ini akan melampauinya.

Atas kondisi terkait, Wayan memperkirakan asuransi kendaraan akan tetap menjadi produk terdepan pada asuransi umum pada 2022.

"Guna memaksimalkan peluang ini, Zurich akan terus konsisten terapkan customer-centric strategy atau strategi yang menempatkan nasabah sebagai fokus utama," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.