Viral, Video Pengendara Motor Tegur Penumpang Mobil yang Merokok di Jalan Raya

Kompas.com - 14/12/2021, 07:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video seorang pengendara sepeda motor yang terlibat percekcokan lantaran menegur penumpang mobil yang merokok saat sedang melaju di jalan raya.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instargam @ndrap_, terlihat pengendara sepeda motor berusaha untuk merebut rokok dari penumpang mobil lantaran dinilai dapat membahayakan pengguna jalan lain jika terkena bara api dari rokok tersebut.

Sayangnya, penumpang mobil itu terlihat tak acuh akan imbauan pengendara motor itu.

Baca juga: Dampak Buruk Mobil yang Tergenang Banjir

Perlu digarisbawahi bahwa merokok sambil mengendarai kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua dinilai berbahaya karena mengganggu konsentrasi pengendara.

Menanggapi hal ini, pemerhati transportasi yang juga merupakan mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Budiyanto mengatakan, pengguna jalan yang merasa terganggu seharusnya melaporkan kepada petugas terdekat, atau mencatat nomor polisi untuk segera dilaporkan kepada petugas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hendra Pratikno (@ndrap__)

“Menegur dengan cara membentak dan tidak mengindahkan etika dikhawatirkan akan menimbulkan konflik baru,” ucap Budi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (13/12/2021).

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sonny Susmana menambahkan, bahaya yang utama merokok saat berkendara adalah soal abu rokok yang bisa terbang tanpa arah dan berpotensi merusak mata.

“Mirisnya, meski sudah sering terjadi kasus yang fungsi matanya hampir hilang karena terkena abu rokok di jalan, tidak membuat pengendara motor yang merokok jera,” ujar Sony.

Maka dari itu, Sony menyarankan, pengendara motor menggunakan helm full face saat berkendara. Ini dilakukan guna menghindari abu rokok yang bisa masuk ke mata.

Ilustrasi merokok sambil berkendaraShutterstock.com Ilustrasi merokok sambil berkendara

Aturan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.