Cerita Bos Yamaha Soal Perpanjang Kontrak Terakhir Rossi

Kompas.com - 13/12/2021, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi resmi mengakhiri karirnya sebagai pebalap MotoGP pada akhir musim 2021. Padahal, performanya sudah menurun sejak musim 2020.

Pada musim 2020, Rossi bertukar tempat dengan Fabio Quartararo. Rossi menjadi bagian tim satelit Yamaha, meskipun dikontrak atas nama Yamaha.

Baca juga: Rossi Akan Balapan di GT World Challenge Europe Pakai Audi R8

Razlan Razali, Team Principal Petronas Yamaha Sepang Racing Team, mengatakan, jika bisa kembali ke masa lalu, dia tidak akan memperpanjang kontrak Rossi. Razali mengaku kecewa dengan performa Rossi di timnya.

Rider Ducati Francesco Bagnaia dan pebalap legendaris Valentino Rossi bersalaman pada sesi FP3 MotoGP Valencia, Sabtu (13/11/2021).MOTOGP Rider Ducati Francesco Bagnaia dan pebalap legendaris Valentino Rossi bersalaman pada sesi FP3 MotoGP Valencia, Sabtu (13/11/2021).

Namun, berbeda dengan pendapat dari pihak Yamaha sendiri. Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis, mengatakan, keputusan yang tepat untuk memperpanjang kontrak Rossi di 2021.

"Musim lalu, karena Covid, menjadi aneh, kami mulai pada Juli dan hanya 14 seri, serta tanpa penonton," ujar Lin Jarvis, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Minggu (12/12/2021).

Baca juga: Rossi Bertaruh Sang Adik Bakal Moncer Musim Depan

Lin Jarvis menambahkan, ada banyak hal yang dipertaruhkan dan Rossi sangat ingin mencoba dan menyelesaikan satu musim penuh untuk melihat apakah dirinya masih kompetitif.

Dainese siapkan wearpack khusus bertuliskan Grazie untuk Valentino RossiDok. Dainese Dainese siapkan wearpack khusus bertuliskan Grazie untuk Valentino Rossi

Sayangnya, hasil yang diinginkan tidak kunjung datang. Rossi jauh dari kata kompetitif. Bahkan, sangat sulit baginya untuk bisa finis sepuluh besar.

"Tapi, sudah jelas dari awal musim bahwa level antar pebalap semakin tinggi dan semua pebalap muda menjadi lebih cepat dan lebih cepat lagi," kata Lin Jarvis.

Pebalap Petronas Yamaha SRT Italia Valentino Rossi melambai tangan setelah balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo di Cheste pada 14 November 2021.AFP/JOSE JORDAN Pebalap Petronas Yamaha SRT Italia Valentino Rossi melambai tangan setelah balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo di Cheste pada 14 November 2021.

Lin Jarvis menambahkan, dirinya yakin Rossi akan jadi yang pertama untuk mengakui bahwa musim tersebut sudah mengecewakan baginya dari segi poin dan hasil. Meski demikian, dia mengaku tidak menyesal sudah memperpanjang kontrak Rossi di musim ini.

"Saya masih berpikir bahwa, jika kami dihadapkan pada pilihan yang sama, jika melihat ke belakang, kami akan melakukannya lagi, pilihan yang sama. Sebab, saya yakin bahwa Valentino perlu untuk balapan di tahun ini atau berikutnya, untuk mengakhirinya dengan gaya," ujar Lin Jarvis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.