Kompas.com - 13/12/2021, 10:12 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Bisa dikatakan populasi sepeda motor jenis skuter matik (skutik) mendominasi di jalanan Indonesia, terutama wilayah perkotaan. Sebab skutik dianggap lebih mudah dikendarai dibanding motor jenis lainnya.

Namun dibalik kemudahannya, skutik membutuhkan dua jenis pelumas yang tidak bisa ditinggalkan. Kedua pelumas tersebut ialah oli mesin, dan oli transmisi yang kerap disebut oli gardan.

Harap diingat, penggantian kedua jenis oli ini tidak dilakukan secara bersamaan. Sebab masing-masing punya interval penggantiannya sendiri.

Baca juga: Catat, 4 Ruas Tol Ini Berlakukan Ganjil Genap Saat Libur Nataru

Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha, menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan interval penggantian kedua jenis oli tersebut.

"Karena fungsi dan beban kerjanya berbeda. Tingkat kontaminasi olinya juga beda," ujar Dwi kepada Kompas.com belum lama ini.

Motul Scooter Gear, salah satu produk oli gardan untuk motor matik.Kompas.com/Alsadad Rudi Motul Scooter Gear, salah satu produk oli gardan untuk motor matik.

"Untuk oli mesin kerjanya lebih berat dan juga kena panas lebih tinggi. Oli mesin juga lebih banyak kontaminasinya oleh sisa pembakaran," kata ia melanjutkan.

Baca juga: PO Gunung Harta Borong Bus Adiputro, Trayek Malang-Bandung

Sementara oli gardan hanya bertugas melumasi komponen-komponen transmisi dalam boks gardan. Oli gardan juga tidak terpapar suhu panas yang berlebihan yang ditimbulkan dari proses pembakaran dalam mesin. Apalagi pelumas ini tidak terkontaminasi residu sisa pembakaran.

Karena beban kerja yang lebih ringan ini lah, oli gardan bisa punya usia pakai yang lebih panjang dibanding oli mesin yang interval penggantiannya terhitung lebih cepat.

Umumnya penggantian oli mesin dilakukan tiap interval jarak tempuh 3.000 kilometer. Sementara untuk oli gardan interval penggantiannya tiap 8.000 kilometer. Namun, angka tersebut bisa berbeda tergantung kebiasaan pengendara dan situasi lalu lintas yang kerap dilalui.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.