Kompas.com - 25/11/2021, 19:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir tahun sepeda motor memerlukan perawatan setelah dipakai beraktivitas. Baik kegiatan seperti rutinitas bekerja, bepergian jarak dekat maupun jauh.

Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers Sumatera Selatan & Bengkulu, mengatakan, perawatan dilakukan untuk menjaga kondisi motor serta mengecek kondisi.

Baca juga: Repsol Honda Sebut RC213V 2022 Masih Jauh dari Siap

"Hal itu juga dikarenakan pada jarak/km tertentu terdapat komponen-komponen yang membutuhkan perawatan bahkan dibutuhkan penggantian," ungkapnya dalam keteragan resmi, Kamis (25/11/2021).

Bengkel Yamaha Miki Motor Duren SawitGhulam/Otomania Bengkel Yamaha Miki Motor Duren Sawit

Berikut tips perawatan berkala motor yang perlu dilakukan jelang akhir tahun:

- Kondisi oli mesin

Untuk menjaga performa mesin lebih enak dan nyaman perlu adanya perawatan di mesin yaitu dengan pergantian oli. Untuk pergantian oli direkomendasikan 2.000 km – 3.000 km atau 2 bulan sekali.

- Pola kembang ban dan tekanan udara

Cek pola kembang ban apakah masih tebal atau sudah tipis, dikarenakan jika ban sudah tipis akan sangat berbahaya jika masih di tetap digunakan dan dikhawatirkan ban slip.

Tekanan udara juga wajib dicek karena jika tekanan udara berlebihan atau bahkan kekurangan udara maka akan dapat mengakibatkan dampak yang kurang baik.

"Seperti umur pakai ban menjadi berkurang, kenyamanan berkendara tidak maksimal bahkan dapat merusak ban," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.