Kompas.com - 29/10/2021, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin sepeda motor perlu dirawat agar performa yang dihasilkan tetap prima. Salah satu bentuk perawatannya adalah memperhatikan kondisi oli mesin.

Dengan menjaga kualitas oli mesin, maka mesin motor tetap awet muda dalam hal performa, sehingga dapat terus berfungsi secara optimal. Untuk itu, perlu dilakukan penggantian oli mesin secara berkala, menggunakan sepeda motor dengan sewajarnya, dan melakukan servis sepeda motor secara rutin.

Baca juga: Ganti Oli Mesin dan Gardan Motor Skutik Beda Interval, Ini Alasannya

Oli mesin juga berperan sebagai pelumas pada permukaan setiap komponen mesin, perapat celah antara piston dengan silinder, pendingin dari panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran di dalam silinder dan gesekan antar komponen, pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin, serta untuk pencegahan karat.

Ganti Oli MotorFoto: Rideapart Ganti Oli Motor

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman, mengatakan, mengacu kepada fungsi oli mesin yang sangat kompleks, maka pemilik sepeda motor harus memperhatikan kualitas oli mesin agar mampu bekerja dengan sangat baik dan sepeda motor yang digunakan tetap dalam performa terbaiknya.

"Untuk menjaga agar performa mesin tetap bekerja dengan optimal, sebaiknya mengganti oli mesin secara rutin, misalnya setiap 2 bulan atau 2.000 km tergantung mana yang lebih dahulu dicapai," ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Awas, Kelebihan Oli Mesin Bisa Berdampak Buruk pada Kendaraan

Ade menambahkan, selain mengacu kepada waktu dan kilometer yang ditempuh, pemilik kendaraan juga perlu melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap kualitas oli mesinnya.

“Jika oli mesin sudah berubah warna menjadi hitam pekat, walaupun belum sampai waktu yang ditentukan, sebaiknya pemilik kendaraan segera melakukan penggantian oli mesin untuk menghindari adanya kerusakan pada bagian komponen mesin,” kata Ade.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.