Alasan Tim VR46 Batal Gandeng Yamaha di MotoGP

Kompas.com - 11/10/2021, 09:12 WIB
Peluncuran livery SKY Racing Team VR46 untuk musim balap 2021 Instagram @skyracingteamvr46Peluncuran livery SKY Racing Team VR46 untuk musim balap 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim VR46 resmi menggandeng Ducati sebagai tim satelit mulai musim 2022. Sebelumnya, sempat dikabarkan tim asuhan Valentino Rossi ini akan memilih Yamaha.

Alasan utamanya jelas karena hubungan baik yang sudah lama dijalin antara Rossi dengan pabrikan asal Jepang yang bermarkas di Iwata tersebut.

Baca juga: Pasukan VR46 Bertambah Besar, Turunkan Empat Tim Balap

Tapi, di sisi lain, Yamaha sudah memiliki Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT) sebagai tim satelitnya. Tim ini juga berjalan baik dan memiliki prestasi yang luar biasa berkat Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Pebalap Italia Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, dalam MotoGP Ceko di Sirkuit Brno pada 9 Agustus 2020.AFP/JOE KLAMAR Pebalap Italia Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, dalam MotoGP Ceko di Sirkuit Brno pada 9 Agustus 2020.

Massimo Meregalli, Tim Manajer Yamaha, mengatakan, tidak ada alasan untuk tidak mempercayai timnya Razlan Razali yang sudah memberikan banyak untuk Yamaha.

"Masalah kami adalah kami tidak bisa menyediakan motor lebih banyak lagi. Kami tidak memiliki struktur seperti Ducati, yang akan menurunkan delapan pebalap tahun depan," ujar Meregalli, kepada GP-Inside, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Minggu (10/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Rossi Beberkan Skuad Pebalap Tim Aramco VR46

Meregalli menambahkan, alasan tersebut yang dia yakini sebagai sumber permasalahan atau alasan utama mengapa VR46 tidak bisa menjadi tim satelit Yamaha untuk musim depan.

Meski demikian, hubungan Rossi dengan Yamaha tetap berjalan melalui kerja sama dengan VR46 Academy untuk mengelola tim balap di kelas Moto2. Tim ini akan menggunakan nama Yamaha VR46 Mastercamp Team.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.