Buat Para Biker, Ini Manfaat Rutin Mencuci Helm

Kompas.com - 14/09/2021, 12:12 WIB
Membersihkan helm. MotorcycleMembersihkan helm.

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan salah satu perlengkapan berkendara yang wajib digunakan demi keselamatan. Agar tetap nyaman digunakan, kebersihannya pun harus selalu terjaga.

Helm yang kotor, terutama pada bagian busa dalamnya, bisa menyebabkan masalah pada kulit wajah. Sebab sebagian permukaan dalam helm menyentuh langsung pada kulit wajah, terutama komponen busa pipinya.

Kerap ditemukan keluhan dari orang-orang yang mengalami masalah kulit wajah seperti jerawat, gatal-gatal, hingga iritasi akibat sering mengenakan helm yang kotor.

Ahmad M selaku pegiat dari Komunitas Belajar Helm memberikan sejumlah saran untuk menjaga kebersihan helm demi kenyamanan pemakainya.

Baca juga: Catat, Ini Biaya Resmi Ganti Warna Pelat Nomor Kendaraan

Busa helm juga bisa kadaluarsa.Kompas.com/Setyo Adi Busa helm juga bisa kadaluarsa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Paling utama adalah rutin mencuci helm. Apalagi jika helm tersebut kerap digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Tentu kotoran yang menempel pada helm jadi lebih banyak.

"Pencucian helm sebaiknya dilakukan jika untuk helm harian seminggu sekali. Atau bisa juga kalau sudah mulai agak tercium aroma kecut karena keringat," kata pria yang akrab disapa Mamat ini kepada Kompas.com, Senin (13/9/2021).

"Helm yang jarang dicuci pada bagian inner helm bisa menimbulkan beragam jamur yang menempel di bagian inner yang bisa berakibat kulit wajah gatal hingga jerawat," ujarnya lebih lanjut.

Baca juga: Catat, Ini Biaya Resmi Ganti Warna Pelat Nomor Kendaraan

Selain itu, Mamat juga menyarankan untuk rutin mengeringkan bagian dalam helm usai digunakan. Ini karena pada umumnya bagian dalam helm akan basah terkena keringat pemakainya. Pengeringannya tidak perlu dijemur, cukup diangin-anginkan menggunakan kipas.

Dengan rutin mengeringkan bagian dalam helm, maka potensi timbulnya jamur bisa ditekan seminimal mungkin. Sebab jamur akan mudah tumbuh di bagian yang lembab dan permukaan dalam helm adalah salah satunya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.