Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Turunkan dan Simpan Ban Serep yang Ada di Kolong Mobil

Kompas.com - 09/09/2021, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengalami ban mobil kempis memang hal yang menjengkelkan. Pengemudi harus menepi agar bisa mengganti ban yang kempis dengan ban serep.

Sebagian mobil, seperti model MPV atau SUV, biasanya menempatkan ban serepnya di bagian kolong. Sementara untuk mobil lainnya, ada yang menyimpan ban serep di bagian bagasi.

Mengambil ban serep di bagasi memang lebih mudah, tinggal buka bagasi, ada partisi lagi dan mur yang menahan ban serep tinggal dibuka.

Namun bagaimana caranya menurunkan ban serep jika posisinya ada di kolong mobil?

Baca juga: Sambutan Dingin Quartararo Buat Morbidelli Jadi Rekan Setim Lagi

Tabung CNG diletakkan di bagasi. Tabung CNG diletakkan di bagasi.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, untuk produk Toyota, ada dua tipe penempatan ban serep.

Pertama ada yang menggunakan kabel sling seperti di Innova dan Fortuner, sedangkan untuk Avanza, Rush, dan Calya memakai model seperti kerangkeng.

“Untuk model kabel sling, siapkan alat gagang dongkrak dan disusun sampai panjang. Lalu buka pintu bagasi dan lihat lubang oval untuk memasukkan gagang tadi,” ucap Didi kepada Kompas.com, Kamis (9/9/2021).

Kemudian masukkan ujung gagang yang berbentuk kait ke lubang oval tadi. Jika sudah masuk dan mengenai mekanisme sling, putar ke arah kiri (melawan jarum jam) sampai ban turun. Setelah ban turun, bisa dibuka pengait slingnya.

Baca juga: Harga Yaris dan City Hatchback Setelah Kena PPnBM 25 Persen

Lalu, cara pasang atau menyimpan ban, masukkan pengait slingnya, putar gagang tadi searah jarum jam agar roda terangkat. Setelah itu bisa dirapikan lagi alat-alat seperti gagang dan dongkrak, lalu bisa kembali melanjutkan perjalanan.

“Untuk model seperti kerangkeng, cukup gunakan kunci roda. Buka pintu bagasi, nanti terlihat baut untuk menurunkan kerangkengnya. Putar ke arah kiri sampai kerangkengnya bisa dilepas dari pengaitnya dan ban dapat dikeluarkan,” kata Didi.

Jika sudah selesai, ban yang mau disimpan bisa ditaruh di kerangkeng, lalu kaitkan dengan pengait. Putar baut yang ada di bagasi ke arah kanan sampai kerangkeng naik dan usahakan aman agar tidak terlepas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com