Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocor Penampakan Bus Baru Avante D1, Pakai Livery PO Harapan Jaya

Kompas.com - 27/08/2021, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri Tentrem memang sebelumnya memberikan teaser beberapa bus baru yang akan dirilis dalam waktu dekat. Teaser ini pun diperlihatkan pada kalender karoseri Tentrem saat awal tahun 2021.

Pada bocoran tersebut, ada dua bodi yang terbilang baru, pertama adalah Avante H9 Priority dan Avante D1. Avante H9 Priority merupakan konsep bus suites class buatan Tentrem dengan basis Avante H9.

Sedangkan Avante D1 merupakan bus bertipe low drive, alias pengemudi ada di dek bawah, dan semua penumpang ada di lantai atas. Dengan bentuk bus seperti ini, bagasi bus sangat luas dan menampung banyak penumpang.

Baca juga: Punya Gaji Rp 10 Juta Per Bulan Baru Bisa Kredit Avanza

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by GALLERY BUS INDONESIA (@gallery_bus.indonesia)

 

Sebuah foto yang diunggah akun Instagram Gallery Bus Indonesia memperlihatkan Avante D1 yang sudah selesai tahap pengecatan. Nampaknya foto tersebut diambil di karoseri Tentrem, terlihat bus Avante milik Primajasa yang ada di belakangnya.

Avante D1 ini sudah dicat dengan livery PO Harapan Jaya, perpaduan antara warna putih dan oranye di bagian bawah. Tidak lupa di bagian lambung bus terdapat tulisan “HARAPAN JAYA” dan grafis sekumpulan kuda di belakang.

Baca juga: Ada Diskon dan Hapus Denda Pajak Kendaraan di DKI, Ini Syaratnya

Jika diperhatikan, bagian kaca samping sebagian sudah terpasang, sedangkan kaca depan, baik bagian atas atau bawah masih belum dipasang. Begitu juga dengan spion yang biasanya menyatu dengan “bando”.

Jika sudah dirilis, Avante D1 akan menjadi pesaing dari bodi Jetbus 3+ Ultra High Decker (UHD) buatan karoseri Adiputro. Adiputro sendiri sudah memperkenalkan bodi UHD sejak tahun 2019, dan sudah digunakan berbagai PO, seperti Sempati Star, Gunung Harta, Sudiro Tungga Jaya, Rosalia Indah, Kurnia, dan Pandawa 87.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com