Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon MPV Murah di Yogya, Xenia Rp 17 Jutaan, Ertiga Rp 14 Jutaan

Kompas.com - 25/08/2021, 16:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Periode pemberian diskon PPnBM 100 persen segera berakhir, tepatnya usai tanggal 31 Agustus 2021. Pada masa-masa terakhir pemberian insentif pajak penjualan tersebut, sejumlah diler di Yogyakarta masih memberikan diskon tambahan.

Contohnya untuk segmen mobil low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murah yang masuk dalam kriteria penerima insentif PPnBM tersebut.

Dari pantauan Redaksi Kompas.com di beberapa diler di Yogyakarta, Rabu (25/8/2021), terdapat diskon tambahan untuk mobil MPV murah produksi Suzuki, Toyota, dan Daihatsu.

Pada merek Suzuki, terdapat All New Ertiga. Selain terkena potongan harga berkat insentif PPnBM, jaringan diler mobil Suzuki di Yogyakarta juga memberikan diskon tambahan dengan total Rp 14 juta.

Baca juga: Mana Lebih Kuat Nanjak, Mobil Penggerak Depan atau Belakang?

Toyota Avanza di pameran IIMS Hybrid 2021KOMPAS.com/Ruly Toyota Avanza di pameran IIMS Hybrid 2021

Usai dikalkulasikan, Ertiga varian terendah yakni GL M/T kini dibanderol Rp 212,7 juta. Lantas tipe tertingginya, S Sport A/T, Rp 247,15 juta.

Selanjutnya Toyota ada Avanza. Mobil yang kerap dijuluki sebagai kendaraan sejuta umat ini turut mendapatkan tambahan diskon di luar insentif PPnBM. Diskon dari diler tersebut mencapai Rp 12 juta.

Berkat potongan harga ini, Avanza tipe termurahnya 1.3 E Std M/T turun harga dari sebelumnya Rp 192,2 juta menjadi Rp 180,2 juta. Lalu untuk tipe tertingginya Veloz 1.5 A/T kini dibanderol Rp 227,5 juta.

Baca juga: Akui Kehebatan Quartararo, Bagnaia Lempar Handuk Putih

Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara

Lalu dari Daihatsu sendiri ada Grand New Xenia. MPV murah hasil kolaborasi bersama Toyota yang mengusung Avanza ini juga ikut mendapatkan diskon tambahan dari diler Rp 17,5 juta.

Setelah dihitung dengan tambahan diskon tersebut, Xenia termurah yakni tipe 1.3 X Std M/T kini dijual Rp 172,35 juta. Tipe tertingginya yaitu 1.5 R DLX A/T harganya saat ini adalah Rp 212,15 juta.

Sayangnya tidak semua varian LMPV dari ketiga merek tersebut sudah tersedia, dengan kata lain harus menunggu masa inden. Artinya konsumen tidak bisa menikmati insentif PPnBM secara penuh lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com