Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Siang-siang Balapan Liar di Jalan Umum

Kompas.com - 22/08/2021, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan liar masih sering terjadi di jalan umum. Bahkan bukan cuma balapan melainkan seting performa sepeda motor di jalan umum yang sedang ramai.

Seperti yang terlihat dalam video yang diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia, seorang pebalap liar melakukan test ride drag saat masih siang hari di jalan umum.

Baca juga: Kurir Logistik Kerap Dituntut Tepat Waktu, Perusahaan Wajib Perhatikan Performa Ban

Sebelum pebalap tersebut melaju kencang, ada orang yang memalang jalan untuk menyetop kendaraan lain. Tujuannya agar sang pebalap liar bisa punya ruang untuk memacu motornya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

"Di stop ngabers, buat test ride drag. Tp dijalan umum ???? Lokasi Jalan Damai Palagan, Sleman, Yogyakarta," tulis keterangan video tersebut dikutip pada Minggu (22/8/2021).

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, balap liar adalah masalah sosial yang selalu berulang dan terjadi di hampir di semua negara di dunia dari negara berkembang sampai negara maju.

"Ini tidak hanya terjadi di negara berkembang, tapi dari negara miskin sampai negara maju, dan sampai sekarang balap liar ada. Di Amerika ada di Jerman ada, karena balap liar ini menawarkan sensasi yang luar biasa dibandingkan di sirkuit," kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: 7 Dekade Peugeot Konsisten Luncurkan Station Wagon

Aksi balap liar kerap diunggah di media sosialDok. YouTube Aksi balap liar kerap diunggah di media sosial

Jusri mengatakan, pencegahan dan penindakan tegas merupakan cara untuk menekan balap liar. Di sektor pencegahan salah satunya yaitu dengan melihat potensi tempat terjadinya balap liar.

"Pemerintah daerahnya mulai dari camat, lurah polsek, sudah melakukan tindakan semacam ini, jangan sudah ada kecelakaan ada kematian baru bertindak," kata Jusri.

Jusri mengatakan, pemerintah terkait mesti melakukan tindakan yang proaktif begitu melihat adanya perkembangan daerah yang memiliki fasilitas yang bisa dipakai arena balap liar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com