Tips Pertahankan Harga Jual Mobil Agar Tidak Jatuh

Kompas.com - 16/08/2021, 16:01 WIB
Pesta Otomotif Mobil Suzuki 2014 di Jakarta Azwar Ferdian/KompasOtomotifPesta Otomotif Mobil Suzuki 2014 di Jakarta
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini harga jual kembali atau resale value atas suatu kendaraan masih menjadi suatu hal penting bagi pembeli maupun penjual. Terlebih, bila mobil terkait nantinya bakal dijual lagi setelah pemakaian dalam waktu tertentu.

Hendro Kaligis, Head of Business Developmet PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan bahwa secara umum ada dua cara sederhana mempertahankan harga jual kembali mobil agar tetap tinggi.

"Pertama, mengikuti jadwal perawatan berkala di bengkel resmi. Jadwal perawatan berkala ini sudah disusun sedemikian rupa untuk memastikan kondisi mobil selalu dalam keadaan prima," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (16/8/2021).

Baca juga: Kunci Mobil Hilang, Apa Tindakan yang Harus Dilakukan Kemudian?

Ilustrasi pilihan mobil bekas di Suzuki Auto Value.DOK. SUZUKI Ilustrasi pilihan mobil bekas di Suzuki Auto Value.

Hal ini merupakan rahasia umum yang juga diyakini oleh pembeli mobil bekas. Oleh karena itu, hal pertama yang dilakukan oleh calon pembeli mobil bekas adalah melakukan pengecekan apakah mobil dirawat secara berkala di bengkel resmi.

Jika tidak, pembeli mobil bekas akan ragu dan enggan memberikan penawaran yang tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara kedua ialah memiliki asuransi dengan perlindungan komprehensif yang menyertakan klausul bengkel resmi dan penggunaan suku cadang asli (genuine part).

"Faktanya, hampir 90 persen mobil di perkotaan mengalami kerusakan body, mulai dari lecet-lecet minor hingga kerusakan karena benturan atau tabrakan sehingga butuh perbaikan di diler terpercaya," ujar Hendro.

"Mengingat, saat melakukan pengecekan body mobil, umumnya pembeli mobil bekas dapat merasakan hasil perbaikan yang dilakukan apakah memiliki standar yang tinggi atau rendah, dan hal tersebut berpengaruh besar terhadap penawaran yang diajukan," lanjutnya.

Baca juga: Xpander Penyumbang Penjualan Mitsubishi di Dunia dan Indonesia

Ilustrasi jual beli mobil bekas.Dok. iStock/Fahroni Ilustrasi jual beli mobil bekas.

Di Suzuki sendiri, kata Hendro, tersedia perlindungan mobil yang komprehensif melalui Suzuki Insurance, yaitu produk asuransi resmi yang ditawarkan secara eksklusif kepada pemilik kendaraan Suzuki.

Pada layanan ini, pemilik akan dilindungi melalui layanan bengkel resmi (authorized workshop) dan penggunaan suku cadang asli (genuine part).

“Suzuki melalui layanan Auto Value tetap memberikan penawaran mobil bekas dengan harga tinggi, terutama pada mobil-mobil yang mengikuti jadwal perawatan berkala di bengkel resmi. Auto Value sendiri adalah layanan mobil bekas resmi dari Suzuki Indonesia,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.