Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Resmi Luncurkan Lima Model GR Sport, Sudah Tahu Arti GR?

Kompas.com - 09/08/2021, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi mengenalkan jajaran Gazoo Racing baru di Indonesia melalui beberapa modelnya, yakni Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport, dan satu model karya anak bangsa Veloz GR limited.

Peluncuran tersebut dilakukan untuk menyambung kesuksesan GR Supra dan GR Sport, serta antusiasme terhadap GR Yaris yang beberapa waktu lalu diluncurkan.

“Hari ini kami hadirkan empat produk GR Sport dan satu produk GR Limited sekaligus, agar lebih banyak pelanggan yang dapat merasakan sensasi berkendara yang menyenangkan bersama produk-produk Toyota Gazoo Racing,” ucap President Director PT TAM Susumu Matsuda, dalam keterangan resminya, Senin (9/8/2021).

Baca juga: Harga Mobil Murah Agya dan Calya di Jawa Tengah per Agustus 2021

Lalu apa sebenarnya Gazoo Racing itu sendiri?

Yaris Gazoo Racing, Master of Nurburgring (GRMN)carscoops.com Yaris Gazoo Racing, Master of Nurburgring (GRMN)

Dikutip dari laman Toyota Astra, kata Gazoo merupakan buatan sang Presiden Toyota, Akio Toyoda. Nama Gazoo dipilih karena terdengar layaknya ungkapan bahagia, seperti pada kata Yahoo.

Hal ini lantaran Akio merasa bahagia saat berada di balik kemudi. Orang nomor satu di Toyota ini memang dikenal memiliki hobi balap.

Untuk memisahkan mana yang merupakan tim resmi Toyota dengan tim yang menyalurkan hobi balapnya, Akio kemudian mendirikan Gazoo Racing di Jepang.

Baca juga: Kawasaki Adaptive Concept, Gelagat Motor Dual Sport Siap Meluncur

Seiring berjalannya waktu, GR melebarkan sayapnya, bersamaan dengan visi Akio untuk membuat mobil Toyota yang lebih baik, belajar dari pengalaman di dunia balap.

Secara tampilan, pasukan GR bukan hanya memiliki ciri emblem saja, tapi juga dari perangkat aero kit yang dilekatkan pada sektor eksterior guna mengentalkan aura agresif. Selain itu tentu juga ada perbedaan lain dengan model standar, seperti setting suspensi.

Melalui lima tambahan model yang mendapat sentuhan GR Sport, secara total Toyota di Indonesia sudah memiliki tujuh line-up produk Toyota Gazoo Racing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com