Ada Hewan Menyeberang Jalan, Ini Sikap yang Harus Dilakukan Pengendara

Kompas.com - 12/07/2021, 18:12 WIB
Tangkapan layar video hewan menyeberang jalan Akun Instagram @dashcam_owners_indonesiaTangkapan layar video hewan menyeberang jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam berkendara, dibutuhkan fokus yang baik untuk selalu melihat kondisi di jalan. Ini merupakan hal yang wajib agar pengendara bisa mengambil tindakan yang tepat saat terjadi suatu hal di luar dugaan.

Belum lama ini beredar unggahan video pengendara mobil hampir menabrak seekor sapi yang akan menyeberang jalan. Video tersebut diunggah oleh akun instagram @dashcam_owners_indonesia, Senin (12/7/2021).

Menanggapi peristiwa tersebut, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan bahwa ada sikap yang dianjurkan untuk dilakukan oleh pengendara agar tetap aman jika bertemu hewan yang berkeliaran di jalan.

Baca juga: 9 Merek Helm Para Pebalap MotoGP, Ada Helm Buatan Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pertama, wajib lakukan observasi jauh ke depan untuk memastikan ada potensi bahaya apa yang mungkin ada di depan. Sehingga, kita siap dan sigap bila ada potensi bahaya yang mungkin terjadi," kata Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ia menyarankan bahwa pengendara sebaiknya menunggu hewan yang sedang menyeberang sampai kondisi jalan sudah cukup aman. Apabila situasi sudah dirasa kondusif, baru lanjutkan kembali perjalanan.

Marcell juga mengingatkan tentang aturan batas kecepatan berkendara. Ia menegaskan untuk para pengguna jalan agar tidak melanggar batas maksimal kecepatan berkendara.

Baca juga: PPnBM 0 Persen, Ini Harga Terbaru Avanza di Jawa Tengah

Mengemudi di Dompu, Nusa Tenggara Barat, mesti hati-hati sebab banyak hewan menyebrang. Febri Ardani Mengemudi di Dompu, Nusa Tenggara Barat, mesti hati-hati sebab banyak hewan menyebrang.

Sebab, berkendara dengan kecepatan tinggi berisiko membuat si pengendara telat mengerem saat ada hewan yang melintas di jalan. Potensi kecelakaan bisa semakin besar.

"Itulah kenapa kita perlu menaati aturan maksimum dan minimum kecepatan yang ada di jalan. Sehingga, kita punya waktu dan jarak yang cukup untuk berhenti," kata Marcell menambahkan.

Pada dasarnya hewan tidak memiliki akal pikiran untuk memahami potensi bahaya saat berkeliaran di jalan. Oleh karena itu, pengendara yang harus mengalah saat menjumpai hewan sedang menyeberang jalan. Mengalah dilakukan demi keselamatan bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.