Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Hewan Menyeberang Jalan, Ini Sikap yang Harus Dilakukan Pengendara

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam berkendara, dibutuhkan fokus yang baik untuk selalu melihat kondisi di jalan. Ini merupakan hal yang wajib agar pengendara bisa mengambil tindakan yang tepat saat terjadi suatu hal di luar dugaan.

Belum lama ini beredar unggahan video pengendara mobil hampir menabrak seekor sapi yang akan menyeberang jalan. Video tersebut diunggah oleh akun instagram @dashcam_owners_indonesia, Senin (12/7/2021).

Menanggapi peristiwa tersebut, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan bahwa ada sikap yang dianjurkan untuk dilakukan oleh pengendara agar tetap aman jika bertemu hewan yang berkeliaran di jalan.

"Pertama, wajib lakukan observasi jauh ke depan untuk memastikan ada potensi bahaya apa yang mungkin ada di depan. Sehingga, kita siap dan sigap bila ada potensi bahaya yang mungkin terjadi," kata Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ia menyarankan bahwa pengendara sebaiknya menunggu hewan yang sedang menyeberang sampai kondisi jalan sudah cukup aman. Apabila situasi sudah dirasa kondusif, baru lanjutkan kembali perjalanan.

Marcell juga mengingatkan tentang aturan batas kecepatan berkendara. Ia menegaskan untuk para pengguna jalan agar tidak melanggar batas maksimal kecepatan berkendara.

Sebab, berkendara dengan kecepatan tinggi berisiko membuat si pengendara telat mengerem saat ada hewan yang melintas di jalan. Potensi kecelakaan bisa semakin besar.

"Itulah kenapa kita perlu menaati aturan maksimum dan minimum kecepatan yang ada di jalan. Sehingga, kita punya waktu dan jarak yang cukup untuk berhenti," kata Marcell menambahkan.

Pada dasarnya hewan tidak memiliki akal pikiran untuk memahami potensi bahaya saat berkeliaran di jalan. Oleh karena itu, pengendara yang harus mengalah saat menjumpai hewan sedang menyeberang jalan. Mengalah dilakukan demi keselamatan bersama.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/12/181200715/ada-hewan-menyeberang-jalan-ini-sikap-yang-harus-dilakukan-pengendara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke