Deretan Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengendara Motor Kopling

Kompas.com - 08/07/2021, 15:41 WIB
Pelatihan teori safety riding, sebelum menunggangi RC213V-S di Safety Riding Center Wahana Jatake (18/8/2017). IstimewaPelatihan teori safety riding, sebelum menunggangi RC213V-S di Safety Riding Center Wahana Jatake (18/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesalahan dalam mengendarai sepeda motor kopling tak hanya dilakukan oleh pengendara pemula saja. Tetapi yang sudah terbiasa pun terkadang masih banyak kesalahannya.

Kesalahan yang dilakukan tidak hanya bisa memperpendek usia komponen kendaraan, namun juga bisa membahayakan pengendara.

Jangan sampai seperti pengendara motor dalam unggahan akun instagram @agoez_bandz4, Rabu (7/7/2021). Dalam rekaman tersebut terlihat pengendara yang lalai dalam mengoperasikan dan kurang mengusai karakter sepeda motor.

Alhasil, pengendara motor tersebut kehilangan kendali hingga menabrak beberapa motor yang sedang parkir di sebuah gang sempit.

Baca juga: Harga Motor Bekas Honda BeAT Street Masih Tinggi, di Atas Rp 11 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menanggapi kejadian tersebut, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pengendara motor kopling.

Berikut tiga kesalahan yang sering dilakukan pengendara motor kopling:

1. Jari menempel di tuas kopling

Kebiasaan ini seolah sudah menjadi hal lumrah yang dilakukan oleh pengendara motor kopling.

Padahal, jika hal itu terus dilakukan akan berdampak pada usia komponen kendaraan terutama kampas kopling.

“Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh pengendara motor kopling adalah ketika motor berjalan jari tangan mereka selalu standby pada tuas kopling,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (7/7/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X