Kompas.com - 05/07/2021, 10:12 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah resmi menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di wilayah Jawa-Bali. Aturan ini berlaku mulai 3-20 Juli 2021, demi mencegah penyebaran virus Covid-19 yang belakangan ini meningkat kasusnya.

Dalam aturan tersebut juga dijelaskan tentang peraturan mobilitas masyarakat yang dibatasi. Dengan diberlakukannya aturan tersebut, beberapa Pemerintah Daerah menetapkan aturan untuk mendukung kebijakan tersebut tidak terkecuali pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah.

Baca juga: Berlaku Besok, Ini Aturan Perjalanan Darat Kemenhub saat PPKM Darurat

Petugas gabungan Polres, TNI Kodim 0735, dan Satpol PP Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, melakukan penyekatan di dua titik lokasi perbatasan Kota Solo.

Kasat Sabhara Polresta Solo Kompol Sutoyo mengatakan ada dua pos penjagaan yang didirikan di perbatasan Kota Solo.

"Ada dua titik penyekatan di Solo, yang pertama ada di pos penyekatan Faroka yang berbatasan dengan Sukoharjo dan di Jurug Jl. Ir Sutami batas kota Solo dengan Karanganyar," kata Sutoyo kepada Kompas.com, Minggu (4/7/2021).

Polisi menutup ruas jalan di Kecamatan Lodoyo sebagai bagian dari pembatasan mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat di Kabupaten Blitar, Sabtu malam (3/7/2021)Dok. Polres Blitar Polisi menutup ruas jalan di Kecamatan Lodoyo sebagai bagian dari pembatasan mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat di Kabupaten Blitar, Sabtu malam (3/7/2021)

Penyekatan akan tetap dilakukan selama berlangsungnya PPKM darurat yang telah ditentukan oleh Pemerintah Pusat. Penyekatan akan difokuskan kepada kendaraan dengan pelat nomor luar kota yang melewati perbatasan kota Solo.

"Penyekatan akan difokuskan untuk kendaraan dengan pelat luar kota. Pemeriksaan dilakukan bai pengguna jalan yang tidak bisa menunjukkan minimal bukti vaksin tahap pertama dan surat jalan," ucap Sutoyo.

Baca juga: Daftar Titik Penyekatan di Jalan Tol Jasa Marga Selama PPKM Darurat

Sementara itu, Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak mengatakan, yang menjadi fokus di Pos Penyekatan Faroka Solo, antara lain memonitor, mengawasi, dan skrining pelaku perjalanan baik penumpang bus maupun mobil pribadi dari luar kota semua wajib disertai surat sehat tes usap antigen.

Akses jalan menuju Kota Salatiga ditutup sementara untuk mendukung PPKM Darurat.KOMPAS.com/DIAN ADE PERMANA Akses jalan menuju Kota Salatiga ditutup sementara untuk mendukung PPKM Darurat.

"Hal ini yang menjadi fokus sasaran petugas di Pos Penyekatan Faroka dan Jurug itu, termasuk pengemudi kendaraan bermotor dari luar kota. Kami tanyakan kepentingan dan tujuannya, termasuk kelengkapan surat hasil negatif tes usap antigen," kata Ade.

Baca juga: PPKM Darurat, Ini Titik Penyekatan di Tangerang Selatan

Dalam pos penyekatan tersebut juga diadakan layanan swab antigen gratis untuk pengendara yang akan masuk ke kota Solo dan tidak dapat menunjukkan hasil tes antigen.

Selain itu, petugas juga kana melakukan putar balik bagi pengendara yang tidak memenuhi persyaratan lengkap.

Jika hasil swab antigen yang dilakukan di pos penyekatan ternyata hasilnya negatif mereka bisa melanjutkan perjalanan, tetapi jika hasil positif langsung diminta masuk ke isolasi Solo Tchno Park.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.