Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duduk di Bus Tingkat, Mana Posisi yang Paling Nyaman

Kompas.com - 30/06/2021, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penumpang bus saat ini dianggap beruntung oleh sebagian pihak,  karena banyaknya pilihan bus yang bisa dicoba. Mulai dari bus dengan sleeper seat sampai bus tingkat atau double decker.

Bus tingkat memiliki dua lantai, bawah dan atas. Kebanyakan PO bus memberi harga sedikit lebih mahal jika mau duduk di dek bawah. Bicara bus tingkat, sebenarnya posisi duduk di mana yang ideal bagi penumpang, paling nyaman?

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, posisi duduk yang paling tenang ketika naik bus tingkat ada di dek bawah. Cuma ada beberapa kekurangan yang harus diterima jika memilih duduk di dek bawah.

Baca juga: Polda Metro Perluas Lokasi Pembatasan Mobilitas di Jadetabek

Bus tingkat Laju Primabus-truck.id Bus tingkat Laju Prima

Paling anteng sih di lantai bawah. Cuma kalau di lantai bawah itu pemandangannya hanya ke samping,” ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (29/6/2021).

Hal ini dikarenakan jika melihat ke depan, biasanya akan terhalang dengan kabin pengemudi. Jadi kalau mencari kenyamanan dan ingin beristirahat selama perjalanan, memilih di dek bawah merupakan pilihan yang tepat.

Baca juga: Ini PO Bus AKAP Pertama yang Pakai Bus Tingkat di Indonesia

“Kalau bus tingkat, hot seat-nya ada di depan dek atas. Jika duduk di situ, penumpang dapat view yang maksimal,” kata Werry.

Selain itu, Werry juga mengatakan kalau duduk di dek atas bus tingkat tidak terlalu limbung. Apalagi bus tingkat juga lebih sering melewati jalan tol yang minim tikungan, sehingga tidak terasa oleng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com