Selain Sopir, Semua Penumpang Mobil Juga Wajib Pakai Sabuk Pengaman

Kompas.com - 19/06/2021, 07:42 WIB
Ilustrasi sabuk pengaman talkbusiness.netIlustrasi sabuk pengaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabuk pengaman atau seat belt adalah perlengkapan yang wajib ada dalam sebuah mobil. Sebab sabuk pengaman sudah menjadi salah satu komponen keselamatan standar.

Sabuk pengaman berfungsi meminimalisir potensi cedera parah jika terjadi kecelakaan. Pentingnya sabuk pengaman pun dinyatakan tegas secara hukum melalui Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Lebih detail, pada pasal 106 (6) menyatakan bahwa pengemudi dan penumpang yang duduk di samping pengemudi wajib mengenakan sabuk pengaman.

Baca juga: Sekarang Bikin SIM A Harus Punya Sertifikat dari Sekolah Mengemudi

Jika abai dalam mengenakan perlengkapan keselamatan tersebut, akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp 250.000 atau kurungan penjara paling lama satu bulan. Sanksi tersebut dijabarkan pada pasal 289 dalam undang-undang yang sama.

Meski hukum perundang-undangan hanya mengatur penggunaan sabuk pengaman pada sopir dan penumpang yang duduk di sampingnya, bukan berarti penumpang yang duduk di kursi belakang tidak perlu menggunakan sabuk pengaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setiap penumpang di kabin Toyota Calya dilengkapi dengan sabuk pengaman tiga titik.Toyota Astra Motor Setiap penumpang di kabin Toyota Calya dilengkapi dengan sabuk pengaman tiga titik.

Marcell Kurniawan selaku Director Training The Real Driving Center (RDC) menegaskan bahwa penumpang yang duduk di belakang pengemudi juga wajib mengenakan sabuk pengaman.

Baca juga: Harga HR-V 1.8L Prestige di Surabaya per Juni 2021

"Kalau penumpang di belakang tidak menggunakan sabuk pengaman atau seat belt, maka ketika terjadi tabrakan atau kecelakaan penumpang bisa terpental," kata Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Bukan hanya itu, penumpang di belakang yang abai akan sabuk pengaman juga berisiko mencederai pengemudi atau penumpang yang duduk di depannya saat terjadi kecelakaan.

"Memang yang diwajibkan mengenakan sabuk pengaman adalah sopir dan penumpang di samping sopir, tapi penumpang di belakang juga sebaiknya menggunakan seat belt," kata Marcell menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.