Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asyik Video Call Sampai Lupa Tarik Rem Tangan, Mobil Ini Meluncur

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun instagram @dashcamindonesia, Minggu (13/6/2021), terlihat seorang wanita berhijab keluar dari mobil berwarna hitam.

Wanita itu terlihat sedang berbincang dengan seseorang menggunakan ponsel yang dipegang di tangan kanan, sambil kemudian menutup pagar.

Tanpa disadari, mobil hitam yang dia tinggalkan tiba-tiba meluncur ke arah jalan. Wanita tersebut belum menyadari sampai ia menggeser pagar.

Saat ia menengok ke belakang, mobil tersebut sudah meluncur bebas dan menabrak pembatas jalan.

Sontak, wanita itupun langsung mengejar mobilnya. Beruntung, mobil tersebut berhenti dan tidak melukai siapapun karena jalan terlihat sepi.

“Banyak masyarakat yang enggan untuk menggunakan rem tangan saat berhenti lantaran mereka takut akan berpengaruh atau merusak komponen rem tangan. Kalau terlalu lama memang bisa menyebabkan macet, tetapi kalau tidak terlalu lama tidak menjadi masalah,” ujar Suparna belum lama ini kepada Kompas.com.

Suparna melanjutkan, pemilik kendaraan sebaiknya menghindari memasukkan gigi perseneling saat mobil terparkir.

“Ada sebagian pemilik kendaraan percaya dengan menggunakan gigi transmisi untuk menahan gerak mobil bisa memperpanjang usia komponen. Namun, hal itu cukup berbahaya untuk dilakukan,” kata dia.

Pasalnya, kadang pengguna kendaraan tidak teliti melakukan persiapan sebelum menyalakan mesin. Saat distater, mobil bisa tiba-tiba loncat dan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

“Kecuali kalau mobilnya matik memang prosedurnya berbeda, kalau matik posisinya harus pada P. Kalau mobil manual tidak disarankan jika melihat perilaku pengemudi di Indonesia,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/14/070200315/asyik-video-call-sampai-lupa-tarik-rem-tangan-mobil-ini-meluncur-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke