Langkah Pemeriksaan Bodi dan Lampu-lampu Truk Sebelum Beroperasi

Kompas.com - 31/05/2021, 17:41 WIB
Ilustrasi truk: Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi memberikan sosialisasi kepada supir truk terkait pelarangan truk bertonase lebih dari 8 ton melintas di Jalan KH. Noer Ali, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Senin, (26/11/2018). KOMPAS.com/-DEAN PAHREVIIlustrasi truk: Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi memberikan sosialisasi kepada supir truk terkait pelarangan truk bertonase lebih dari 8 ton melintas di Jalan KH. Noer Ali, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Senin, (26/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.comTruk yang beroperasi di jalanan Indonesia memang tidak semuanya prima. Sering juga ditemui truk yang tidak laik jalan namun tetap dioperasikan untuk mengangkut barang.

Truk yang tidak laik jalan ini tentu sangat berbahaya, bahkan bisa membuat orang lain celaka. Misalnya saja kasus tabrak belakang truk karena lampu belakangnya tidak menyala dan bodi tidak menggunakan stiker pemantul cahaya.

Pengemudi truk sebaiknya bisa melakukan pengecekan kondisi bodi dan lampu-lampu truk sebelum dioperasikan.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mempersembahkan buku Operasional dan Tata Cara Pengereman Truk yang bisa dijadikan acuan.

Baca juga: Ini Cara Cek Besaran Pajak Kendaraan Secara Online

Pikap menabrak truk kontainer yang sedang parkir. Satu tewas dan sopir melarikan diri di Padang, Sumbar, Rabu (15/1/2020)Dok: Humas Polresta Padang Pikap menabrak truk kontainer yang sedang parkir. Satu tewas dan sopir melarikan diri di Padang, Sumbar, Rabu (15/1/2020)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senior Investigator KNKT Ahmad Wildan menjadi salah satu pengisi materi dalam buku tersebut. Wildan mengatakan, ada beberapa langkah pemeriksaan yang harus dilakukan pengemudi sebelum truk dioperasikan.

Untuk bagian bodi, periksan dan pastikan seluruh kaca bening dan tidak ada retak atau pecah. Kedua, kaca spion juga harus dipastikan terpasang dengan baik dan jelas.

Kemudian, pastikan perisai kolong dan stiker pemantul cahaya terpasang dengan baik dan kuat. Lalu seluruh bodi juga diperiksa, apa ada penyok atau lecet. Selain itu, plat nomor juga harus terpasang dengan baik dan terlihat dengan jelas.

Baca juga: Hasil MotoGP Italia - Quartararo Sempurna, Ducati Merana

Selanjutnya soal lampu-lampu truk, periksa dan pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Lampu yang harus diperiksa dan dipastikan berfungsi meliputi lampu utama, lampu posisi, lampu stop belakang, lampu sein, lampu rem, lampu hazard, lampu mundur, dan lampu plat nomor.

Pastikan kaca penutup atau mika lampu bening. Kemudian lampu menyala dengan terang dan berfungsi normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.