Pengguna Motor Wajib Lakukan Ini Saat Membeli Helm

Kompas.com - 31/05/2021, 16:12 WIB
Promo helm di IIMS 2021 KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIPromo helm di IIMS 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan helm yang pas dan nyaman akan membuat pengendara merasa aman saat berkendara di jalan raya. Pasalnya helm berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan.

Dalam memilih helm ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain fitur keamanan dan kenyamanan saat digunakan.

Pegiat dari komunitas belajar helm, Ahmad mengatakan, pemilihan helm sangat penting bagi pengendara karena berhubungan dengan keselamatan.

Baca juga: Melebihi Track Limit, Oliveira dan Mir Sama-sama Kena Sanksi

"Banyak yang salah ketika membeli helm, mereka asal pakai helm dan tidak fitting. Padahal itu berpengaruh dengan keselamatan mereka," kata Ahmad keada Kompas.com, Minggu (30/5/2021).

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan oleh pembeli helm agar helm yang mereka beli sesuai dengan kebutuhannya. Maksudnya adalah pas dengan kepala, tidak sempit dan tidak longgar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa koleksi helm yang ada di RC MotogarageKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Beberapa koleksi helm yang ada di RC Motogarage

"Yang paling penting kalau pas nyobain helm, pas dimasukin ke kepala itu tidak ada bagian yang menekan kepala. Kalau ada yang menekan nanti efeknya kalau berkendara sekitar dua atau tiga jam akan pusing," ucap Ahmad.

Baca juga: Kesalahan Pengendara Mobil Matik di Jalan Menanjak

Selanjutnya, memastikan helm pas dengan cara menggoyangkan kepala pada saat helm dipakai. Jika helm longgar tentu akan terasa kelonggarannya, sebaiknya tidak menggunakan helm yang terlalu longgar.

"Helm yang terlalu longgar itu juga berbahaya, kalau misalkan nanti terjadi kecelakaan maka helm bisa lepas dari pengendara dan menghilangkan fungsi helm," ucap Ahmad.

Pemilihan dan perawatan helm impor butuh perlakuan khususKompas.com/Setyo Adi Pemilihan dan perawatan helm impor butuh perlakuan khusus

Selain itu tali pengikat juga diusahakan mengikat dengan pas terkait di dagu dan tidak longgar. Kemudian rasakan pandangan pada saat menggunakan helm, gerakkan mata ke kiri atau ke kanan untuk memastikan pandangan tidak terganggu. Jika masih ada yang mengganggu pandangan, berarti ukuran helm tidak pas.

Baca juga: Ini Cara Cek Besaran Pajak Kendaraan Secara Online

Kemudian disarankan juga untuk memilih helm dengan standar keamanan yang telah ditetapkan. Jangan sampai menggunakan helm palsu yang konstruksinya kita tidak tahu kuat atau tidak. Jangan sampai salah memilih helm malah membahayakan keselamatan kita.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X