Arus Balik, Ini 11 Lokasi Rapid Test Antigen Gratis di Jawa Barat

Kompas.com - 17/05/2021, 16:42 WIB
Polisi memeriksa kendaraan yang melintas di pos penyekatan yang dikendalikan Polres Blitar dan Malang di Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Minggu (16/5/2021) KOMPAS.COM/ASIP HASANIPolisi memeriksa kendaraan yang melintas di pos penyekatan yang dikendalikan Polres Blitar dan Malang di Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Minggu (16/5/2021)
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pemudik yang akan kembali ke Jakarta bakal dicegat seperti halnya ketika melakukan perjalanan berangkat.

Pengendara yang belum memiliki bukti bebas Covid-19 bisa mengikuti tes antigen yang diselenggarakan gratis oleh Kementerian Perhubungan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, mengatakan ini dilakukan untuk memperketat pergerakan masyarakat yang akan melakukan perjalanan lintas wilayah.

Baca juga: Hasil MotoGP Perancis, Balapan Penuh Drama, Miller Juara

Petugas medis mengambil spesimen swab dari seorang warga yang melintas di pos penyekatan yang dikendalikan Polres Blitar dan Malang di Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Minggu (16/5/2021)KOMPAS.COM/ASIP HASANI Petugas medis mengambil spesimen swab dari seorang warga yang melintas di pos penyekatan yang dikendalikan Polres Blitar dan Malang di Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Minggu (16/5/2021)

“Sesuai arahan Bapak Menteri Perhubungan kami akan memperketat pergerakan masyarakat yang akan kembali ke Jakarta," ujar Budi, dalam keterangannya (17/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Budi juga mengatakan, pihaknya ingin semua masyarakat yang akan ke Jakarta adalah masyarakat yang sehat.

Selain itu, diharapkan juga masyarakat yang baru datang tidak terpapar Covid-19. Apalagi Jakarta merupakan pusat kegiatan ekonomi dan sebagainya.

Baca juga: Kapan Bus AKAP Mulai Beroperasi Normal Lagi?

Kepolisian Resor Bogor melaporkan, ada sebanyak 43,662 jenis kendaraan yang diperiksa petugas di delapan titik pos penyekatan jalur mudik 2021 Kabupaten Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Kepolisian Resor Bogor melaporkan, ada sebanyak 43,662 jenis kendaraan yang diperiksa petugas di delapan titik pos penyekatan jalur mudik 2021 Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Untuk itu semua pintu masuk Jakarta akan kami lakukan dengan rapid test antigen. Ini random check karena setelah diinventarisasi ketersediaan alat rapid test dari Satgas Covid-19 maupun Kementerian Kesehatan harus dibagi agar merata,” ucap Budi.

“Walaupun dilakukan random sampling namun kami harapkan dilakukan pemeriksaan terhadap mayoritasnya,” kata dia.

Baca juga: Pakai Mesin Turbo, Suzuki Jimny 5 Pintu Meluncur 2022

Sejak diberlakukannya penyekatan, petugas kepolisian terus berjibaku membendung pemudik maupun wisatawan yang melintasi kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sejak diberlakukannya penyekatan, petugas kepolisian terus berjibaku membendung pemudik maupun wisatawan yang melintasi kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat.

Berikut ini 11 titik posko pemeriksaan di Jawa Barat:

1. Posko Nagreg: Lingkar Nagreg barat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X