Pengemudi SUV Kabur Usai Menyenggol Mobil yang Sedang Parkir di Mal

Kompas.com - 03/05/2021, 03:02 WIB
Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara. airportparkingreservations.comIlustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir mobil di mal, terkadang bisa membuat sebagaian masyarakat panas dingin. Pasalnya, luas area parkir yang sempit dengan mobil lain yang berada di kiri-kanan jelas akan membingungkan.

Jika salah perhitungan sedikit, mobil Anda bisa saja menyenggol kendaraan lain.

Seperti kejadian yang diunggah oleh akun instagram @dashcam_owners_indonesia. Dalam rekaman tersebut terlihat pengendara SUV ingin memarkir dengan posisi depan mobil tidak menghadap ke jalan.

Baca juga: Beda Fitur Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Mana yang Lebih Lengkap?

Saat ingin memarkir kendaraannya, pengemudi Toyota Fortuner itu tertangkap kamera menyenggol mobil yang sedang parkir di sebelahnya.

Alih-alih bertanggung jawab, pengemudi mobil berawarna hitam itu justru kabur dan meninggalkan mobil yang sudah ditabraknya begitu saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, saat hendak parkir, posisi kepala menghadap ke jalan adalah sebuah keharusan. Cara ini membuat sudut pandang pengemudi kepada situasi sekitar jadi lebih baik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Mobil yang parkir mundur, memiliki sudut pandang yang lebih luas karena menghadap ke jalan. Kemudian secara evaluasi juga lebih gampang,” ujar Sony kepada Kompas.com, Minggu (2/5/2021).

Selain itu, di parkiran mobil biasanya ada beton pembatas di bawah yang bersentuhan dengan ban, untuk mengetahui jarak parkir. Posisi beton diatur sesuai ukuran mobil pada umumnya.

“Di beberapa mobil, posisi sudut bemper depan itu lebih rendah dibanding bemper belakang. Sehingga kalau parkirnya maju itu bisa nabrak ke bemper bawah depan mobil kita,” ucap Sony.

Baca juga: Perkembangan Jumlah Penumpang Bus AKAP Mendekati Larangan Mudik

Sony melanjutkan, pengemudi sebaiknya jangan ragu untuk mengulang (maju-mundur) apabila poisisi parkir belum dirasa aman. Buka kaca kendaraan, dan mintalah petugas parkiran untuk memberikan aba-aba, sampai mobil terpakir dengan benar.

Bahkan jika perlu, menurut Sony jangan sungkan untuk sekadar turun dari kendaraan untuk memastikan posisi kanan-kiri, depan-belakang atau sekitar benar-benar aman.

“Dengan melihat langsung, pengemudi jadi punya patokan yang pas untuk mengukur lebar kiri, kanan dan belakang mobil,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.