Jelang Lebaran, MPV dan SUV Banyak Diburu Konsumen Mobil Bekas

Kompas.com - 27/04/2021, 06:39 WIB
Pajero Sport Facelift Dakar Ultimate 4x2 KOMPAS.COM/STANLY RAVELPajero Sport Facelift Dakar Ultimate 4x2

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang hari raya Idulfitri 1442 Hijriah, permintaan mobil bekas cenderung meningkat.

Hal ini lantaran di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini banyak masyarakat yang takut untuk berpergian naik kendaraan umum, sehingga keputusan untuk membeli mobil bekas pun menjadi pilihan.

Model yang paling banyak dicari antara lain MPV, SUV dan MPV premium yang diharapkan dapat menemani konsumen untuk berkunjung ke rumah sanak saudara.

Baca juga: Berburu Diskon SUV Murah Jelang Lebaran, Tembus Rp 29 Juta

Andi dari diler mobil bekas Jordy Motor MGK Kemayoran mengatakan, jelang Lebaran beberapa model SUV dan MPV premium memang menjadi incaran konsumen.

“Terutama untuk Toyota Alphard tahun 2010 sampai 2013 dan Nissan Serena tahun 2013 sampai 2017” ujar Andi saat dihubungi Kompas.com, Senin (26/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk SUV Andi mengungkapkan, Pajero lansiran tahun 2012 sampai tahun 2017 menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh para konsumen.

Menurut Andi, kenaikan minat konsumen pada segmen mobil tersebut didorong oleh pandemi Covid-19 dan menjelang hari raya Idulfitri.

“Meskipun mudik dilarang, paling tidak masyarakat pasti tetap berpergian mengunjungi sanak saudara atau sekedar ke pusat perbelanjaan bersama keluarga saat hari raya Idulfitri. Untuk itu mereka memilih mobil dengan muatan yang banyak dan kabin yang lapang,” kata Andi.

Dua MPV premium terbaru dari Toyota mulai dipasarkan.Agung Kurniawan Dua MPV premium terbaru dari Toyota mulai dipasarkan.

Pencarian Online

Data menarik juga didapat dari platform jual beli mobil bekas CARRO yang mendapat peningkatan pasok sejak awal tahun 2021, juga dari segmen MPV dan SUV.

“Total penjualan mobil bekas sejak awal 2021 mengalami kenaikan hingga di atas 100 persen dibandingkan kuartal IV 2020. Dari data yang kita miliki penjualannya didominasi oleh SUV dan MPV,” ujar Aditya Lesmana, Co-founder CARRO.

Kemudian berdasarkan data penjualan selama 6 bulan terakhir. Aditya mengatakan, penjualan mobil MPV dan SUV di dominasi oleh mobil merk Jepang. Hal ini karena kebanyakan masyarakat pasti ingin mendapatkan mobil yang sudah terjamin kualitasnya baik saat membeli kendaraan maupun layanan purna jual.

Baca juga: Jelang Lebaran, Ini Daftar MPV Murah Bekas di Bawah Rp 100 Juta

“Sedangkan untuk mobil yang paling menjadi favorit konsumen selama beberapa bulan terkahir adalah mobil SUV seharga Rp 300 juta, seperti Pajero Sport atau Toyota Fortuner,” kata Aditya.

Sebab, mobil tersebut sudah bisa mengakomodasi segala kebutuhan mereka, mulai dari kabin yang lapang, bisa menampung muatan yang banyak, serta memiliki jarak pijak yang tinggi sehingga aman ketika melintasi segala medan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X