Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Libur Paskah, 74.000 Unit Kendaraan Kembali ke Jakarta

Kompas.com - 05/04/2021, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono mengungkapkan bahwa arus balik pada libur pajang hari raya Paskah, Minggu (4/4/2021) berlangsung lancar serta aman di berbagai ruas jalur tol, khususnya Tol Jakarta-Cikampek.

Kesimpulan tersebut diperolehnya usai melakukan pemantauan langsung di KM 62 Tol Cikampek bersama Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksa, Ka Denwal PJR Korlantas Polri Kombes Juni, dan Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy

"Rekayasa lalu lintas sudah dikelola dengan baik, karena arus balik telah mulai terasa dari pukul 13.00 WIB yang bergerak menuju DKI Jakarta dari Jawa Tengah maupun Jawa Barat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu.

Baca juga: Hasil MotoGP Doha 2021: Rossi Finish ke 16, Ada Insiden Miller dan Mir

Antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 2 pada Minggu (3/1/2021) sekitar pukul 11.00 WIB.KOMPAS.COM/FARIDA Antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 2 pada Minggu (3/1/2021) sekitar pukul 11.00 WIB.

Adapun kendaraan yang sudah melintas di Tol Cikampek sampai malam ini, ujar Sambodo, telah sekitar 74.000 unit mobil. Diprediksi, masih ada 24.000 unit kendaraan yang akan masuk Jakarta hingga dini hari, Senin (5/4/2021).

Meski demikian, dari pantauan saat ini, Korlantas Polri memprediksi arus balik akan normal kembali pada tengah malam.

“Kita kelola terus (rekayasa lalin) agar memperlancar arus, seperti ada contra flow dari kilometer 65 sampai 47. Jadi ada lima lajur yang bisa dilalui menuju Jakarta, baik di jalur bawah maupun jalur elevated,” kata Sambodo.

Baca juga: Ini Bahayanya Bonceng Motor Hadap Samping

"Sementara kemungkinan arus mulai normal lagi pada pukul 00.00 WIB. Ketersendatan ada pada bottleneck sedikit di KM 50. Namun demikian semua dapat kita kelola dengan baik dan maksimal,” lanjutnya.

Pada kesempatan sama, tak lupa ia mengimbau agar para pengendara selalu berkendara dalam keadaan aman dan nyaman, tidak terburu- buru, serta mengantuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com