Ini Komponen Fuel Pump yang Bikin Xenia-Avanza Kena Recall

Kompas.com - 19/03/2021, 10:12 WIB
Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia TAM-ADMToyota Avanza dan Daihatsu Xenia

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi mengumumkan recall untuk tiga produknya di Indonesia, yakni Xenia, Terios, dan Sirion. Totalnya mencapai 97.290 unit akibat masalah fuel pump.

Tak hanya Daihatsu, adanya masalah fuel pump tersebut, otomatis berbuntut pada dua produk kembarannya yang dipasarkan oleh Toyota, yakni Avanza dan Rush.

Lalu apa sebenarnya masalah fuel pump yang menimpa ratusan mobil Toyota dan Daihatsu tersebut. Lantas apa dampaknya bagi unit yang masuk dalam kampanye recall itu.

Baca juga: Toyota Recall 10 Model di Indonesia, dari Avanza sampai Alphard

Menjawab hal ini Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, masalah pada fuel pump ada di komponen impeller yang dapat mengembang melebihi batas toleransi.

Recall fuel pump dengan masalah impeller pada Avanza dan XeniaASTRA DAIHATSU MOTOR Recall fuel pump dengan masalah impeller pada Avanza dan Xenia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dari hasil investigasi yang kami lakukan, impeller pada fuel pump itu bisa mengembang sampai 26 mikron, jadi memang kecil sekali tapi itu melebihi standar toleransi kami 19 mikron," kata Bambang dalam konferensi pers virtual yang dihelat ADM, Kamis (18/3/2021).

Efek

Menurut Bambang, dalam bagan lekukan atau impeller yang mengembang terlihat sangat kecil, tapi memberikan dampak yang signifikan bagi mesin. Harusnya, yang baik itu tidak mengembang, atau terpasang lurus.

Baca juga: Daihatsu Recall 97.290 Mobil di Indonesia, Ini Rinciannya

Terios 7 Wonders Kolaka Terios 7 Wonders Kolaka

Nah, akibat impeller yang malfungsi tersebut, Bambang mengatakan bisa menyebabkan beberapa masalah pada kendaraan.

Mulai dari mesin yang mati dan sulit untuk dinyalakan, mesin tidak bertenaga, RPM yang tidak stabil, sampai indikator mesin (engine check) yang terus menyala.

Dari 24 kasus yang telah diinvestigasi, mayoritas pemilik unit yang terdampak masalah impeller pada pompa bensin di dalam tangki bahan bakar tersebut, mengalami masalah pertama, yakni mesin mati dan sulit untuk dinyalakan lagi.

Baca juga: Impresi Luar Dalam mu-X i-Series, Pengganti Isuzu Panther

Toyota All New Rush Merapah Trans Jawa 4.0KOMPAS.com Toyota All New Rush Merapah Trans Jawa 4.0

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.