Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Tabrak Penyeberang Jalan, Waspada Silau Terkena Sinar Matahari

Kompas.com - 17/03/2021, 17:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru saja terjadi sebuah kecelakaan yang melibatkan pengendara motor dengan orang yang sedang menyeberang. Menurut unggahan Dashcam Indonesia, kecelakaan ini terjadi di Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Menurut saksi yang ada di video singkat tersebut, pengendara motor yang ada di depannya menabrak orang setelah melaju kencang di persimpangan.

Karena silau matahari, pengendara motor tidak bisa menghindari orang yang menyeberang dan tabrakan tidak bisa dihindari.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara motor tancap gas setelah lampu hijau memang menjadi kebiasaan di Indonesia.

Baca juga: Honda Senang CR-V Kemungkinan Dapat Insentif PPnBM

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

“Ketika tancap gas, mereka kurang berhati-hati dalam berkendara. Mungkin karena belum paham potensi bahaya yang ada saat situasi tersebut,” ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (17/3/2021).

Kemudia Agus mengingatkan, yang paling utama dalam mengendarai motor adalah fokus dengan melihat jauh ke depan. Dengan begitu, pengendara motor bisa mengantisipasi potensi bahaya dan bisa mengambil tindakan yang aman.

“Jika penglihatan terganggu akibat sinar matahari, sebaiknya segera mengurangi kecepatan kendaraan, walaupun merasa sudah hafal rute tersebut,” kata Agus.

Baca juga: Honda Sambut Baik Perluasan Insentif Pajak 0 Persen untuk Mobil 2.500 cc

Agus memberi tips ketika sedang mengendarai motor, misalnya selalu fokus, jangan kaget dan mengerem mendadak jika ada obyek di depan. Jika dilakukan, pengendara bisa tepat dalam mengambil keputusan.

“Selama kita fokus dan tenang, maka situasi mendadak seperti orang tiba-tiba menyeberang bisa diantisipasi dengan aman. Sebaliknya, jika tidak fokus, biasanya akan berakibat fatal dalam mengantisipasinya," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com