Ada Jiplakan Bodi Suites Class Laksana di Bangladesh

Kompas.com - 02/03/2021, 15:05 WIB
Jiplakan bus suites class di Bangladesh FACEBOOK.com/SAINTMARTIN TRAVELSJiplakan bus suites class di Bangladesh

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu karoseri besar di Indonesia Laksana memang kerap mengekspor busnya ke Bangladesh. Misalnya pada akhir Februari 2021, Laksana kembali mengekspor delapan unit bus tingkat ke sana.

Belum lama ini juga tersebar di Internet, bus dari Saintmartin Travel di Bangladesh yang menjiplak bodi suites class buatan Laksana.

Secara eksterior, sekilas memang mirip dengan buatan Laksana, memiliki dua tingkat kaca samping yang bertumpuk.

Namun pada detail-detail kecil seperti lampu depan, lampu belakang, selendang, dan sasis yang digunakan berbeda.

Bagian kabin juga memakai konsep yang serupa, namun susunan kursi tidurnya berbeda.

Baca juga: Simak Menu MPV Murah yang Turun Harga Imbas PPnBM Bulan Ini

Jiplakan bus suites class di BangladeshFACEBOOK.com/SAINTMARTIN TRAVELS Jiplakan bus suites class di Bangladesh

Suites class milik Laksana memakai susunan kursi 1-1 yang menumpuk. Sedangkan bus dari Bangladesh ini susunan kursinya 2 di kanan dan 1 di kiri yang menumpuk. Tiap kursi pun diberi tirai agar penumpang tidak terganggu.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, memang banyak bus Laksana yang dijiplak di sana. Namun dari karoseri sendiri tidak begitu mempersalahkan selama tidak persis miripnya.

“Ya positive thinking saja, bahwa bus Laksana diminati di negeri seberang,” ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (2/3/2021).

Baca juga: Ada Diskon Pajak, Lebih Baik Beli Mobil Baru atau Bekas?

bus suites classKompas.com/Fathan Radityasani bus suites class

Kemudian karoseri Laksana sebenarnya belum pernah mengekspor bodi bus suites class ke luar negeri. Baru big bus mulai dari model Legacy SR2 XHD dan double decker yang pernah diekspor menuju Bangladesh.

Jadi pembuat bus di Bangladesh memang mengambil inspirasi dari bus suites class buatan Laksana yang ada di Indonesia. Namun nampaknya untuk sasis yang digunakan bus Bangladesh ini merupakan bus besar bermesin depan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X