Mau Masuk Indonesia, Toyota Raize Jadi SUV Terlaris Jepang pada 2020

Kompas.com - 29/01/2021, 07:22 WIB
Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Raize barangkali jadi salah satu mobil yang fenomenal pada tahun lalu. Pertama kali meluncur pada akhir 2019, mobil kompak ini langsung menjadi SUV terlaris di pasar Jepang.

Dilansir dari laman resminya, Japan Automobile Dealer Association (JADA) telah merilis daftar mobil terlaris di Negeri Matahari Terbit pada 2020.

Toyota Raize yang terjual 126.038 unit menempati urutan kedua dari daftar mobil terlaris (non-Kei Car) atau urutan kelima jika digabungkan dengan mobil-mobil Kei Car atau mobil dengan spesifikasi khusus pasar domestik Jepang.

Baca juga: Bersiap, Mesin Diesel Bakal Jadi Korban Pertama Mobil Listrik

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

Di antara mobil non-Kei Car, Raize hanya kalah dari hatchback satu merek, Yaris yang terjual 151.766 unit. Sementara Daihatsu Rocky harus puas berada di urutan ke-24 dengan angka 31.153 unit.

Sedangkan untuk mobil terlaris di Jepang pada 2020 diraih Honda N-Box sebanyak 195.984 unit, yang notabene merupakan Kei Car.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Raize bersama kembarannya, Daihatsu Rocky, memang mendapat sambutan yang positif dari konsumen Jepang sejak pertama kali meluncur.

Baca juga: Adu Tarif Bus Selonjoran dan Double Decker Trayek Jakarta–Yogyakarta

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

Pada periode Januari-Juni 2020, Raize sempat mengungguli penjualan seluruh mobil non-Kei Car dengan raihan 58.492 unit.

Di Indonesia, duet Raize dan Rocky juga telah dinantikan penggemarnya. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah siap memproduksi SUV kompak ini di Indonesia, meskipun baik pihak Toyota dan Daihatsu masih menutup rapat info ini.

Salah satu bukti soal rencana peluncuran produk kolaborasi kelima Toyota dan Daihatsu di Indonesia, adalah spyshoot yang sudah tersebar di internet. Termasuk ekspor komponen crankshaft oleh ADM, untuk mesin KR 1.000 cc turbo, yang dipakai Daihatsu Rocky dan Toyota Raize di Jepang. Ekspor komponen ini sudah dilakukan sejak Januari 2020.

Menurut laporan Nikkei, Daihatsu bakal merilis Rocky hybrid pada tahun ini. Disebutkan bahwa mesin yang diusung berteknologi full-hybrid yang dikembangkan bersama induk perusahaan, yakni Toyota.

Baca juga: 3 Detik Penyelamat Hidup, Wajib Dipahami Pengguna Jalan Tol

Daihatsu Rocky telah resmi dijual di Jepang mulai harga Rp 226 jutadaihatsu.co.jp Daihatsu Rocky telah resmi dijual di Jepang mulai harga Rp 226 juta

Mungkin saja kehadiran Raize dan Rocky di Indonesia menunggu kehadiran varian ramah lingkungan ini.

Apalagi mesin hybrid ini diklaim bisa membuat kedua mobil makin irit 20-30 persen ketimbang model dengan mesin konvensional.

Seperti diketahui, saat ini mobil kembar tersebut dibekali mesin 1KR-VET 1.000 cc 3-silinder bertenaga 96 tk dan torsi 140 Nm.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X