Zarco Sebut Komunikasi Radio Saat Balapan, Malah Bikin Bingung

Kompas.com - 19/01/2021, 09:22 WIB
Johann Zarco Johann Zarco


JEREZ, KOMPAS.com - Musim lalu, pebalap uji Repsol Honda Stefan Bradl atas permintaan Dorna Sport sempat menguji sistem komunikasi radio untuk pengendara.

Tes tersebut untuk menguji komunikasi radio saat digunakan balapan. Misalnya memberi tahu pengendara mengenai sinyal bendera, pelanggaran, dan sejenisnya.

Tapi menurut Johann Zarco terlalu banyak informasi saat balapan bakal mengganggu konsentrasi saat melibas lintasan dalam kecepatan tinggi. Pebalap yang musim depan berseragam Pramac Ducati itu mengatakan malah bisa bikin bingung pebalap.

Baca juga: Sulitnya Mengubah Perilaku Sopir Bus yang Ugal-ugalan

Johann Zarco Johann Zarco

"Saya pikir lebih banyak informasi melalui radio bisa sangat mengganggu," katanya mengutip Motorsport-Total.com, Senin (18/1/2021).

Padahal saat ini saja kata Zarco dia sudah terpecah konsentrasinya dengan adanya informasi di panel instrumen.

Apalagi jika komunikasi radio dibuka dan dipakai tim, maka pebalap bakal menerima banyak masukan. Mulai dari masuk pit atau mengubah pemetaan, sinyal bendera, peringatan, atau penalti dari manajemen balap.

“Sekarang mungkin bakal berbagi banyak hal lagi di dasbor," katanya.

Baca juga: Mengapa Banyak Pebalap MotoGP Latihan dengan Motor Motocross?

Stefan Bradl saat berlaga di MotoGP LE Mans. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Stefan Bradl saat berlaga di MotoGP LE Mans. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

"Sejujurnya, saya tidak terlalu sering menggunakan ini karena tidak mudah untuk membaca semuanya. Sebagai pebalap Anda memiliki banyak hal lain yang harus dilakukan untuk bisa kencang," katanya.

Lagipula katanya, pada akhirnya jika penampilannya memang bagus maka strategi seperti itu pun tidak terlalu berpengaruh.

"Saat Anda cukup kuat tidak perlu terlalu memikirkan strategi untuk mengendalikan balapan atau situasi," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X